Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) terus berkomitmen dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Nusa Tenggara Barat salah satunya dengan cara membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Lombok Epicentrum Mall Kota Mataram.

"Kami menambah satu lagi. SPKLU yang kesembilan ini berada di zona P1 parkir mobil Lombok Epicentrum Mall (LEM), Mataram," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTB, Sudjarwo, di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan peresmian SPKLU di Lombok Epicentrum Mall sebagai upaya mendukung keberlangsungan transportasi berkelanjutan di NTB.

Menurut Sudjarwo, dengan adanya infrastruktur kendaraan listrik yang masif, maka masyarakat akan semakin mengenal kendaraan listrik sehingga ekosistemnya akan cepat terbentuk.

"Kami berkomitmen untuk menjadi bagian dari perubahan menuju mobilitas yang berkelanjutan di NTB. Dengan menyediakan SPKLU ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya mengurangi emisi polusi udara," ujarnya.

Ia menambahkan SPKLU Lombok Epicentrum Mall yang diresmikan hari ini menjadikan SPKLU kesembilan sebagai pendukung ekosistem kendaraan listrik.

Adapun delapan lokasi SPKLU yang lain berada di kantor Gubernur NTB, kantor Dinas Perhubungan NTB, kantor PLN UIW NTB, kantor PLN ULP Selong, SMKN 3 Mataram, MVP Grand Natura, KEK Mandalika dan Hotel Santika Mataram.

PLN, lanjut Sudjarwo, juga telah merencanakan untuk menambah SPKLU di beberapa lokasi pada 2023, seperti di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, kantor PLN UP3 Sumbawa, kantor PLN UP3 Bima dan beberapa lokasi strategis yang tersebar di NTB.

"Tahun ini kami berencana membangun dua SPKLU di Pulau Sumbawa. Total nanti ada 11 SPKLU tahun ini," ucapnya.

General Manager Lombok Epicentrum Mall, Salim Abdad mengatakan sinergi bersama PLN yang terjalin dengan baik ini merupakan salah satu bentuk pelayanan agar pengunjung dapat menikmati fasilitas yang telah disediakan.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas sinergi dan kolaborasi dengan PLN dan berharap fasilitas SPKLU ini dapat dirawat bersama.

"Atas nama manajemen Lombok Epicentrum Mall mengucapkan terima kasih kepada PLN yang sudah bersepakat menempatkan SPKLU di area LEM," katanya.

Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi, yang hadir dalam acara tersebut, juga mengapresiasi langkah PLN dan termasuk manajemen Lombok Epicentrum Mall yang telah berinisiatif dan bersepakat menyediakan satu fasilitas layanan SPKLU.

"Peresmian SPKLU ini merupakan salah satu bentuk konkrit mengantisipasi dan merespon kebutuhan masyarakat yang terus bergerak, yang diharapkan berdampak terhadap keseimbangan lingkungan," ujarnya.


Baca juga: Dukung ekosistem kendaraan listrik, PLN perbanyak SPKLU di NTB


Baca juga: Konsumsi listrik di NTB meningkat dampak membaiknya ekonomi

Pewarta: Awaludin
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023