Beijing (ANTARA) - Otoritas kesehatan tertinggi China merilis seperangkat peraturan uji coba tentang layanan penitipan anak di rumah, menurut laporan China Daily pada Selasa (28/3).

Komisi Kesehatan Nasional (National Health Commission/NHC) China pada awal bulan ini menerbitkan peraturan uji coba tentang penyedia layanan penitipan anak di rumah, yang mengumpulkan opini publik hingga 14 April, menurut laporan tersebut. Penyedia layanan ini adalah lembaga yang mengubah ruang hunian menjadi fasilitas penitipan anak untuk anak berusia tiga tahun ke bawah.

Lembaga-lembaga semacam itu hanya dapat mengasuh tidak lebih dari lima anak, dan setiap pengasuh dapat mengasuh maksimal tiga bayi, kata laporan berita mengutip peraturan uji coba itu.

Para pengasuh harus berpengalaman atau memiliki latar belakang pendidikan dalam layanan penitipan anak dan kesehatan anak, serta menerima pelatihan kesehatan mental, keamanan makanan, pertolongan pertama, dan keselamatan kebakaran, menurut laporan berita.

NHC menambahkan bahwa orang dengan riwayat penyakit mental atau catatan kriminal dilarang melakukan pekerjaan itu.

Penyedia layanan penitipan anak di rumah juga diharuskan memasang kamera pengawas video yang mencakup seluruh ruangan dan area bermain serta rekaman harus disimpan setidaknya selama 90 hari, kata laporan itu.

Pendirian fasilitas penitipan anak di rumah merupakan tambahan positif untuk sistem penitipan anak di China dan mencerminkan upaya negara itu untuk memenuhi beragam tuntutan keluarga yang berbeda, kata Mao Zhuoyan, seorang profesor di Capital University of Economics and Business, seperti dikutip laporan itu.

Peraturan baru ini juga mengisi kekosongan peraturan terkait penyedia layanan tersebut dan akan berfungsi untuk mengawasi mereka sekaligus mendukung perkembangannya, imbuhnya sebagaimana Xinhua.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023