Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang mengatakan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 akan pindah dari JCC Jakarta ke ICE BSD Tangerang pada 20-22 Juli 2023 untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta.

"Urusan negara harus lebih diprioritaskan. Untuk itulah kami memindahkan tempat penyelenggaraan AOE 2023 dari sebelumnya di JCC Senayan Jakarta pindah ke Indonesia Convention Exhibition atau ICE BSD yang berada di Kabupaten Tangerang," kata Sarman dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Sarman menuturkan perpindahan tempat dilakukan Apkasi sebagai bentuk dukungan kepada pelaksanaan kegiatan kenegaraan, yakni KTT ASEAN yang tentunya memiliki urgensi lebih tinggi.

Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN atau ASEAN Summit ke-43. Asean Summit 2023 akan berlangsung dua kali, yakni pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur bagi negara anggota ASEAN.

Kemudian, KTT ASEAN akan berlangsung pada 1-7 September 2023 di Jakarta dengan peserta negara ASEAN dan negara mitra wicara.

Untuk penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 yang berlangsung di Jakarta, pemerintah telah menetapkan Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) menjadi salah satu venue utama.

Untuk itu, akan dilakukan renovasi pada seluruh ruangan Balai Sidang JCC sejak Mei hingga Agustus 2023. Renovasi akan dilakukan oleh Kementerian PUPR.

Seluruh aktivitas atau acara yang akan berlangsung pada Mei hingga Agustus 2023 di JCC akan terdampak akibat kegiatan renovasi tersebut.

"Kami sudah berkomunikasi dengan pihak pengelola gedung dan kami sudah mendapatkan surat konfirmasi resmi dari manajemen JCC yang membenarkan ada sekitar 60 event akan terdampak, termasuk pameran Apkasi Otonomi Expo," tuturnya.

Sementara itu, Project Manager AOE 2023 Syaifuddin Ch Kai mengatakan pihaknya akan segera mengirimkan surat resmi mengenai perpindahan venue AOE 2023 kepada seluruh peserta.

"Insya Allah setelah Lebaran, kami akan mengagendakan kegiatan technical meeting dengan mengundang seluruh peserta untuk membahas lebih detil bagaimana teknis pelaksanaan pameran bersama-sama dengan pengelola ICE BSD," ujarnya.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023