Jakarta (ANTARA News) - Malaysia unggul sementara atas Indonesia 2-0 pada babak pertama laga Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Sabtu malam.

Gol pertama Malaysia dicetak Azamuddin Akil pada menit 27, lalu digandakan Mahali Jasuli tiga menit kemudian. Keduanya berhasil menjaringkan bola setelah memanfaatkan kesalahan para pemain bertahan Indonesia.

Tendangan Azamuddin adalah buah manis umpan dari Jasuli dari sisi kiri pertahanan Indonesia. Sementara gol Jasuli diawali kemelut di depan gawang pasukan Garuda.

Menit-menit awal, sebenarnya Indonesia sudah menguasai pertandingan dengan terus menyerang. Terhitung dua kali Samsul Arif mendapat peluang untuk mencetak gol.

Satu tendangannya pada menit 3 masih menyamping di sisi gawang Malaysia. Kemudian pada menit 4 lagi-lagi pemain Persibo itu hampir saja membahayakan lawan dengan tendangan baliknya.

Berawal dari umpan Elie Aiboy yang melakukan umpan silang dari sisi kiri pertahanan Negeri Jiran. Kemudian Samsul Arif langsung menyambut dengan atraksi tendangan balik, namun sayang tidak mengenai bola.

Irfan Bachdim juga membuat peluang lewat tendangannya pada menit 17. Bola kerasnya yang membentur bek Malaysia kemudian memantul langsung menusuk gawang yang dijaga Farizal.

Beruntung kiper Harimau Malaya itu masih sigap dan tidak membiarkan bola masuk.

Menit ke 35 Andik Vermansyah masuk menggantikan Elie Aiboy. Hanya saja tidak bisa mengubah ketertinggalan Indonesia atas Malaysia.

Indonesia secara keseluruhan sebenarnya terlihat bermain santai, tidak tegang. Hanya, lini pertahanan anak-anak asuh Nil Maizar kerap berbuat kesalahan.

Bek-bek Indonesia terlalu lama memegang bola, sehingga beberapa kali dicuri lawan. Akibatnya para penyerang Malaysia bisa melakukan penetrasi yang membahayakan gawang Indonesia.

Skor 2-0 untuk anak-anak asuh Rajagobal pun tak berubah sampai babak pertama berakhir. 

(lod)

Pewarta: M Baghendra Lodra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012