Jakarta (ANTARA News) - Indonesia tersingkir dari fase grup Piala AFF 2012 setelah kalah dari Malaysia dengan skor 0-2.

Gol Malaysia dicetak Azamuddin Akil pada menit 27 dan Mahalli bin Zazuli tiga menit kemudian. Keduanya berhasil menjaringkan bola setelah memanfaatkan kesalahan para pemain bertahan Indonesia.

Dengan kekalahan tersebut, Indonesia hanya menempati peringkat tiga klasemen Grup B karena hanya mengemas empat poin sehingga yang berhasil lolos ke semifinal adalah Singapura dan Malaysia yang sama-sama meraih poin enam.

Singapura sendiri maju ke semifinal setelah mengandaskan perlawanan Laos dengan 4-3.

Pada laga terakhir ini, anak-anak pasukan Garuda terlihat tidak bermain sebaik ketika berhasil mengalahkan Singapura 1-0 pada laga sebelumnya. Kali ini, Indonesia justru tampil tidak maksimal dan banyak melakukan salah umpan dan terlalu cepat kehilangan bola.

Para penyerang Indonesia tidak terlihat memanfaatkan peluang yang ada. Andik Vermansyah, Samsul Arif, dan Jhonny van Beukering tidak bisa mencetak gol meski beberapa kali mendapat kesempatan.

Sementara bek-bek Indonesia pun tidak lugas dalam menghalau serangan Harimau Malaya. Nopendi, Maitimo, Novan Setya, dan Fachrudin terlihat terlalu santai sehingga kerap terebut oleh para pemain lawan.

Akhirnya, harapan runner-up Piala AFF 2010 pun pupus untuk meraih juara tahun ini. Indonesia bahkan tidak bisa lolos dari fase grup.

Namun, semangat Tim Nasional yang tetap bertarung sampai titik darah terakhir sudah seharusnya mendapat acungan jempol. 

Nil Maizar sepertinya tak sejeli pada beberapa pertandingan sebelumnya diantaranya dengan memasukkan penyerang yang belum berpengalaman Johnny van Beukering di turnamen internasional, padahal pertandingan melawan Malaysia adalah laga sangat penting. 

(lod)

Pewarta: M Baghendra Lodra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012