Pantura sekarang kami cek fisiknya, maka ini kami minta untuk dikebut semuanya yang membangun fisiknya
Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mempercepat pembangunan fisik infrastruktur jalan menjelang arus mudik Lebaran tahun 2023.

“Pantura sekarang kami cek fisiknya, maka ini kami minta untuk dikebut semuanya yang membangun fisiknya,” kata Ganjar usai memimpin Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jateng di Semarang, Jumat.

Selain itu Ganjar juga merespon masukan dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi terkait kurangnya lampu penerangan di jalur selatan Jateng.

Terkait dengan hal itu, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat sambil berupaya mencari terobosan yang bersifat sementara.

"Kami koordinasi juga dengan pusat, karena beberapa jalan milik nasional, umpama selatan itu penerangannya ternyata masih kurang, padahal kemungkinan itu akan dilewati banyak. Nah, kami akan carikan yang sifatnya penerangan sementara," ujar Ganjar.

Baca juga: Ganjar sebut pemerintah segera perbaiki sejumlah ruas jalan

Infrastruktur lain yang juga dicermati Ganjar adalah tempat istirahat di jalan tol, khususnya kesiapan para pengelola dalam menghadapi pemudik.

Oleh karena itu, orang nomor satu di Jateng itu akan menggelar rapat dengan para pemilik tempat tempat istirahat di wilayah tersebut.

"Masukan bagus dari Pak Kapolda agar pemilik rest area diajak rapat, Insya Allah Selasa depan kami akan ajak rapat sehingga manajemen di rest area akan bisa berjalan dengan baik," kata Ganjar.

Termasuk juga koordinasi dengan Pertamina dan PLN, lanjut Ganjar, untuk memastikan stok bahan bakar minyak dan ketersediaan listrik aman.

Ganjar juga meminta kepada PLN untuk memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) siap digunakan.

Baca juga: Ganjar targetkan 95 persen jalan di Jateng mulus pada 2022 akhir

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023