Kendari (ANTARA) - Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Erwedi memberikan motivasi kepada warga binaan atau narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kendari agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

"Jadilah orang yang lebih berarti ke depannya. Jalani masa pidana di lapas ini dengan baik, isi dengan kegiatan-kegiatan yang positif," kata Erwedi saat kunjungan kerja sekaligus bertemu warga binaan Lapas Perempuan Kelas III Kendari di Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu.

Dalam kunjungannya, Erwedi diterima Kepala Lapas Perempuan Kelas III Kendari Andi Wirdani Irawati didampingi seluruh pejabat struktural lapas tersebut.

Erwedi meninjau situasi dan kondisi blok hunian juga berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan warga binaan di Lapas Perempuan Kendari yang merupakan Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pemasyarakatan Kemenkumham Sultra.

Dia juga berinteraksi dengan hampir seluruh warga binaan melalui celah jeruji besi dan menanyakan soal kasus, masa pidana, serta memastikan seluruh warga binaan memperoleh hak-haknya.

Erwedi meminta warga binaan Lapas Perempuan Kendari tetap menciptakan situasi yang kondusif, aman dan tertib serta tidak melakukan pelanggaran.
Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Erwedi, saat berinteraksi dengan warga binaan di Lapas Perempuan Kendari, di Kendari, Sabtu (1/4/2023) (ANTARA/Harianto)


Pada kesempatan itu, dia juga memberikan nasihat agar seluruh warga binaan mengisi kegiatan sehari-hari selama menjalani masa pidana dengan hal-hal positif dari program yang dihadirkan Lapas Perempuan Kendari.

"Ikuti seluruh program pembinaan sehingga bisa bebas tepat pada waktunya dan jangan mengulangi lagi hal-hal yang melanggar hukum ke depannya. Jadilah pribadi yang baik setelah bebas nanti saat kembali di tengah masyarakat," ujarnya saat meninjau blok hunian.

Menurut Erwedi, kondisi blok hunian Lapas Perempuan Kendari sangat kondusif dan saat ini dihuni 100 orang warga binaan dari total kapasitas lapas sebanyak 324 orang.

Erwedi juga berharap kepada seluruh pegawai Lapas Perempuan Kendari untuk senantiasa meningkatkan kinerja dan integritas serta selalu memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh warga binaan.

Kepala Lapas Perempuan Kendari Andi Wirdani Irawati mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja dan layanan serta memberikan apa yang menjadi hak dari seluruh warga binaan.

"Saya beserta seluruh jajaran akan terus konsisten dalam memenuhi hak-hak warga binaan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Wirdani.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023