Jakarta (ANTARA) - Peristiwa hukum yang terjadi kemarin namun masih menarik disimak, mulai dari dua warga negara asing WNA) asal Nigeria di Bali dideportasi hingga Menko Polhukam Mahfud MD yang bakal terbang ke Batam, Kepulauan Riau untuk mendalami kasus dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) pada Kamis pekan ini.

Berikut rangkuman selengkapnya.

1. 2 WNA Nigeria di Bali dideportasi karena tak bayar denda overstay

Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar, Bali, mendeportasi dua warga negara asing (WNA) asal Nigeria di Bali karena mereka tidak mampu membayar denda, setelah tinggal melebihi masa berlaku visanya (overstay).

Kepala Rudenim Denpasar Babay Baenullah dalam siaran tertulisnya di Denpasar, Sabtu, menyampaikan dua WNA itu yang berinisial COO (26) dan SMR (33) dideportasi melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menuju negara Bandar Udara Internasional Murtala Muhammed, Lagos, Nigeria, Jumat (31/3).

Selengkapnya klik di sini.

2. Polri prediksi puncak arus mudik 2023 pada 19-21 April

Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah terjadi dari 19 - 21 April 2023, sehingga kepolisian menyiapkan strategi untuk kelancaran arus lalu lintas pemudik di ruas-ruas jalan utama, salah satunya melalui sistem satu arah (one way).

Selengkapnya klik di sini.

3. Polres Sukabumi pasang puluhan CCTV untuk pantau arus mudik lebaran

Polres Sukabumi memasang perangkat closed circuit television (CCTV) di sejumlah titik untuk memantau kondisi arus lalu lintas saat musim mudik Lebaran pada Idul Fitri 1444H di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Perangkat CCTV tersebut dipasang di jalur-jalur utama mudik, baik di wilayah utara maupun selatan Kabupaten Sukabumi, kemudian di jalur wisata serta lokasi rawan kecelakaan dan kemacetan," kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede di Sukabumi, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

4. Polri selidiki penyebab ledakan kilang Pertamina Dumai

Polri menyelidiki penyebab dugaan ledakan di Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina Dumai, Riau, yang terjadi Sabtu (1/4) malam dan mengakibatkan lima orang pekerja terluka.

Selengkapnya klik di sini.

5. Mahfud MD bakal ke Batam tindak tegas kasus perdagangan orang

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD akan berangkat ke Batam, Kepulauan Riau untuk menindak tegas kasus dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

"Pada hari Kamis besok mau ke Batam mau menindak ini (perdagangan orang)," kata Mahfud saat menyampaikan ceramah tarwih di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Minggu malam.

Selengkapnya klik di sini.

Baca juga: 2 WNA Nigeria di Bali dideportasi karena tak bayar denda overstay

Baca juga: Polri turunkan 148.211 personel gabungan dalam Operasi Ketupat 2023

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023