Seoul (ANTARA) - Angkatan Laut Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang akan mengadakan latihan anti-kapal selam selama dua hari mulai Senin untuk menangkal kemampuan nuklir dan rudal Korea Utara yang terus berkembang, kata kementerian pertahanan Korsel.

Latihan tersebut akan dilaksanakan di perairan internasional lepas pantai kepulauan Jeju wilayah Korsel selatan, melibatkan armada kapal perang AS dengan kapal induk USS Nimitz yang tiba di kota tenggara, Busan, pekan lalu.

Latihan tiga negara ini dilaksanakan setelah Korut pekan lalu mengungkapkan hulu ledak nuklir yang lebih kecil, berjanji untuk membuat lebih banyak material nuklir kelas senjata guna meningkatkan persenjataannya, dan sesumbar mengenai drone penyerang bawah air dengan kemampuan nuklir.
Baca juga: Kapal induk AS masuki pelabuhan Korsel sikapi uji rudal Korut

Latihan pekan ini akan menggunakan target latihan perang anti-kapal selam bergerak untuk meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan untuk mendeteksi, melacak dan menghancurkan ancaman bawah air Korut, kata kementerian.

Ketiga negara terakhir kali melaksanakan latihan anti-kapal selam pada September 2022 di tengah ketegangan atas jumlah uji coba rudal Korut yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Menlu Jepang dan Korsel sepakati kerja sama hadapi ancaman Korut

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023