FIFA akan memberikan sanksi tegas kepada Indonesia
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin, berharap agar Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) sebagai federasi tertinggi sepakbola dapat bersikap adil dalam melihat kemelut yang terjadi di sepakbola Indonesia.

"Kami berharap FIFA fair, bisa melihat nyata kondisi di Indonesia. Tidak ada yang kami langgar satu pasal pun. Kami dari awal melakukan penyelesaian," ujar Djohar ketika ditemui di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Jakarta, Rabu.

Djohar mempertanyakan sikap FIFA yang akan memberikan sanksi apabila sampai tanggal 10 Desember kemelut yang terjadi antara dua kubu kepengurusan sepakbola Indonesia yakni kubu KPSI dan PSSI Djohar Arifin tak juga selesai lewat surat yang dialamatkan kepada Menpora.

"Kemungkinan besar kalau Indonesia dihukum itu ada. Bagi PSSI ini sungguh mengherankan, sebagai anggota legal kok dihukum. Ada apa ini? Kami tahu ini adalah target," tutur Djohar.

Djohar mengatakan pihaknya sudah berusaha secara kongkrit menyelesaikan kemelut yang terjadi berdasarkan butir-butir nota kesepahaman yang telah ditandatangani oleh PSSI dan KPSI di markas AFC di Malaysia, Kamis (7/6) lalu.

"Kami adakan MoU, kami disuruh duduk bersama dengan yang bukan anggota FIFA. Tetapi sekelompok lain maunya MoU itu bukan menyelesaikan masalah justru merebut kekuasaan. Itu yg membuat keributan di tempat kita terus berlangsung," tambahnya.

Pada 26 November lalu, FIFA melayangkan surat hang ditulis oleh Sekjen FIFA, Jerome Valcke, kepada Menpora berupa desakan agar pemerintah mengambil sikap dalam kasus dualisme kepengurusan sepakbola Indonesia. 

"Kami mengingatkan kepada pihak Menpora bahwa jika permasalahan sepakbola di Indonesia sampai tanggal 10 Desember tidak mendapatkan titik terang, maka FIFA akan memberikan sanksi tegas kepada Indonesia yang akan kami rapatkan dalam rapat exco FIFA pada tanggal 14 Desember mendatang di Jepang," tulis Jerome dalam surat tersebut.

Terkait hal itu, Menpora lantas memanggil perwakilan dari PSSI dan KPSI yang masih berlangsung hingga berita ini ditulis. Dari pertemuan tersebut, Djohar berharap agar pertemuan tersebut dapat menyamakan persepsi dan Menpora dapat segera membalas surat FIFA untuk membantu menyelesaikan masalah yang terjadi.

"Kita selamatkan PSSI dari waktu yang tersisa ini," kata Djohar.
(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012