Tokyo (ANTARA) - Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, mengatakan pada Senin bahwa pemerintah akan terus mendesak Beijing untuk membebaskan seorang staf Astellas Pharma yang ditahan di China, seiring memuncaknya kekhawatiran mengenai iklim bisnis di negeri Tirai Bambu.

Pemerintahan juga sudah membuat permohonan untuk kunjungan konsuler dengan staf yang ditahan tersebut, serta akan menyalurkan bantuan kepadanya, termasuk untuk keluarganya, kata PM Kishida dalam sebuah pertemuan dengan komite anggaran Dewan Penasihat Jepang.

Fumio memberikan pernyataan setelah kunjungan yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi ke menteri luar negeri China pada Minggu waktu setempat, dan meminta China untuk segera membebaskan pria paruh baya yang ditahan  itu.

Menurut menteri luar negeri Jepang, Tokyo belum mendapatkan penjelasan apapun dari Beijing mengenai penahanan itu.

Karena tidak ada kejelasan atas penahanan itu, kalangan bisnis di Jepang menjadi tegang dan khawatir, kata seorang ekspat Jepang di China yang menolak disebutkan namanya.

"Ada perasaan cemas yang menghantui... Semua khawatir  bahwa mereka bisa ditangkap kapan saja," kata sumber tersebut kepada Reuters. Dia menjelaskan perasaannya dan rekan-rekan sesama ekspat yang berkecamuk.

Beijing merespon permintaan Menlu Hayashi dengan mengatakan bahwa mereka akan 'menangani kasus ini sesuai hukum yang berlaku'.

"Sampai kita tahu bagaimana dan mengapa orang ini ditahan, ada kemungkinan bahwa otoritas di sana bisa bilang bahwa hal apapun yang biasa kita lakukan sehari-hari ternyata ilegal," ujar ekspat tersebut menambahkan.

Beberapa tahun terakhir ini, perusahaan Jepang di China kesulitan menavigasi perpindahan data, termasuk data produksi dari pabrik-pabriknya sendiri, data dari perbatasan atas dalih hukum keamanan nasional, yang mengatakan bahwa legalitas transfer data tersebut bersifat abu-abu.

Dikutip dari Nikkei, staf Astella itu sudah bekerja di China lebih dari 20 tahun lamanya. Dia disebut sebagai eksekutif di Astellas oleh koran Yomiuri.

Astellas mengkonfirmasi kabar penahanan salah satu stafnya ke Reuters, tetapi tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

Sumber: Reuters
Baca juga: China-Jepang sepakati pembangunan saluran komunikasi pertahanan
Baca juga: Menlu Jepang pertimbangkan kunjungi China akhir pekan ini
Baca juga: Jepang minta China bebaskan warganya yang dituduh melanggar hukum

 

Penerjemah: Mecca Yumna
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023