Urumqi, China (ANTARA) - Daerah Otonom Uighur Xinjiang di China barat laut, penghasil kapas utama negara itu, telah memasuki masa tanam kapas tahun ini, demikian disampaikan otoritas pertanian setempat.

Beberapa wilayah penghasil kapas utama di Xinjiang selatan telah memulai masa tanam musim semi dan diperkirakan akan mencapai puncak masa tanam sekitar awal April. Masa tanam kapas di Xinjiang utara diperkirakan akan dimulai setelah 5 April.

Otoritas pertanian daerah itu mengatakan bahwa total produksi kapas Xinjiang tahun ini akan tetap stabil melampaui 5 juta ton.

Berkat kondisi suhu dan sinar mataharinya yang unik, Xinjiang menjadi daerah penghasil kapas terbesar di China dan yang penting di dunia. Selama bertahun-tahun, Xinjiang telah meningkatkan penanaman kapas berskala besar secara intensif. Saat ini, 94 persen penanaman dan panen kapas di daerah tersebut dilakukan dengan mesin.

Pada 2022, lebih dari 2,47 juta hektare kapas ditanam di Xinjiang, dengan output keseluruhan mencapai 5,39 juta ton, mencakup lebih dari 90 persen dari total hasil produksi kapas di China, demikian Xinhua.



Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023