Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat kepada Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan yang telah ditunjuk sebagai Putra Mahkota Abu Dhabi serta kepada Sheikh Mansour bin Zayed sebagai Wakil Presiden Uni Emirat Arab (UAE).

Jokowi menyampaikan ucapan selamat itu melalui Duta Besar UAE untuk Republik Indonesia Abdulla Salem Al Dhaheri di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa.

"Bapak Presiden (Jokowi) minta disampaikan ucapan selamat ini kepada beliau berdua," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya usai mendampingi Presiden Jokowi di Jakarta, Selasa.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga mengutarakan tentang upaya penguatan hubungan ekonomi antara Indonesia dan UAE. Jokowi berharap finalisasi ratifikasi Indonesia UAE-Comprehensive Economic Partnership (IUAE-CEPA) dapat segera terselesaikan.

"Bapak Presiden menyampaikan harapan agar semua proses dapat selesai maksimal pada akhir tahun ini," tambah Retno.

Baca juga: UAE hibahkan 10 juta Dolar AS untuk entaskan Tuberkulosis di Indonesia

Dia juga menjelaskan upaya penguatan hubungan ekonomi yang dibahas ialah terkait proyek investasi UAE pada sejumlah pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Beliau juga bicara dengan Dubes UAE mengenai beberapa proyek investasi, antara lain di bidang pembangunan port yang diharapkan juga dapat selesai segera," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan kesediaannya untuk menghadiri World Climate Action Summit yang digelar pada Desember 2023.

"Bapak Presiden juga menyampaikan akan hadir dalam acara World Climate Action Summit yang akan diselenggarakan pada awal Desember, bertepatan juga dengan perayaan ke-52 Hari Nasional UAE," ujar Retno Marsudi.

Baca juga: Presiden UAE tunjuk putra sulungnya jadi Putra Mahkota Abu Dhabi
Baca juga: Prabowo-Putra Mahkota Abu Dhabi bertemu bahas kerja sama pertahanan


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023