Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu (Becakayu) beroperasi untuk mendukung Lebaran tahun ini.

"Tambahan untuk ruas jalan tol yang beroperasi yakni Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu," ujar Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa.

Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kp. Melayu yang dibangun dengan konstruksi layang (elevated) membentang dari wilayah Bekasi sampai wilayah Kampung Melayu dengan total panjang 16,78 Km. Jalan Tol Becakayu juga terkoneksi dengan Jalan Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc via Gerbang Tol (GT) Pisangan.

Dengan dioperasikannya Tol Becakayu perjalanan dari Bekasi ke Kampung Melayu dapat ditempuh menjadi lebih cepat hanya dalam waktu 20 - 30 menit saja. Sebelumnya, jika melalui jalan nontol, waktu tempuh dari Kota Bekasi menuju Jakarta sekitar 60 menit perjalanan lamanya.

Basuki juga mengatakan, jalan tol lainnya yang beroperasi adalah Tol Semarang - Demak. Selain itu, Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar sampai dengan Junction Wringinanom juga dioperasikan.

Sebelumnya, PT Waskita Toll Road (WTR) melalui anak usahanya, PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) akan mengoperasikan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (Becakayu) secara penuh pada Sabtu (1/4).

Direktur Utama KKDM Aris Mujiono mengatakan, Tol Becakayu juga dapat mengurai kepadatan lalu lintas dengan adanya akses koneksi dari arah Tanjung Priok menuju Bekasi dan sebaliknya.

KKDM telah melakukan uji coba operasional tanpa penyesuaian tarif pada Ruas Jakasampurna – Marga Jaya sejak 24 Maret 2023.

Dengan demikian, Jalan Tol Becakayu sepanjang 16,78 km tersebut resmi beroperasi penuh.


Baca juga: Pemprov DKI tata kolong tol Becakayu untuk jaga mutu air baku Jakarta
Baca juga: Kementerian PUPR tangani tanah bergerak di Tol Cisumdawu Seksi 5
Baca juga: PT Jasa Marga siap fungsionalkan Tol Japek II Selatan saat arus balik

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023