Changchun (ANTARA) - Sistem transportasi maglev listrik superkonduktor suhu tinggi yang dikembangkan secara mandiri di China telah menuntaskan uji suspensi pertamanya, menurut pihak pengembangnya CRRC Changchun Railway Vehicles Co., Ltd. di Provinsi Jilin, China timur laut.

Terdiri dari subsistem kendaraan, rel, catu daya traksi, dan komunikasi operasional, sistem transportasi maglev listrik superkonduktor suhu tinggi cocok untuk skenario penerapan jalur pipa vakum berkecepatan tinggi, ultra cepat, dan rendah.

Kereta itu dapat beroperasi pada kecepatan 600 km/jam atau lebih.

Di masa depan, sistem transportasi maglev listrik superkonduktor diperkirakan akan menjadi kandidat penting untuk transportasi cepat antara kota-kota besar dan kawasan ekonomi maju.

Sejak awal 1990-an, CRRC Changchun Railway Vehicles telah berkomitmen untuk penelitian, pengembangan, dan manufaktur kereta maglev.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan tersebut telah membangun jalur uji lalu lintas maglev superkonduktor suhu tinggi sepanjang 200 meter dan secara mandiri mengembangkan magnet superkonduktor suhu tinggi otomotif yang dapat beroperasi sepenuhnya tanpa daya, serta kendaraan sampel maglev listrik dan rel nonmagnetik berkekuatan tinggi, demikian Xinhua.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023