Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang hingga Taman Mekar dibuka secara fungsional untuk mendukung arus mudik dan bali Lebaran tahun ini

"Untuk Japek II Selatan dari Sadang sampai dengan Taman Mekar mudah-mudahan bisa kita buka fungsional," ujar Basuki di Gedung DPR RI, Jakarta pada Selasa.

Basuki menambahkan, rencananya Tol Japek II Selatan akan dibuka oleh Kementerian PUPR secara fungsional pada 15 April.

"Pokoknya akan dibuka secara fungsional sebelum cuti bersama Lebaran," katanya.

Selain Tol Japek II Selatan, Basuki juga menyampaikan Jalan Tol lainnya yang dibuka secara fungsional untuk mendukung Lebara tahun ini, antara lain Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan: Seksi 4-6 Cimalaka – Dawuan sepanjang 28,2 Km.

Lalu Tol Pasuruan – Probolinggo: Seksi 4A Probolinggo Timur – Interchange Gending, dan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo Seksi 1.1.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiapkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan secara fungsional untuk arus balik Lebaran tahun 2023 berdasarkan diskresi kepolisian.

Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, Jasa Marga Grup menyiapkan beberapa ruas, salah satunya Tol Japek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km.

Nantinya juga akan ada opsi kedua terkait fungsional Tol Japek II Selatan, yakni segmen Sadang-Taman Mekar sepanjang 28,5 km yang masih disiapkan oleh Jasa Marga.

Untuk fungsional Tol Japek II Selatan ini disiapkan untuk arus balik Lebaran dalam rangka menampung arus lalu lintas dari arah Bandung menuju Jakarta.

Pemberlakuan fungsional Tol Japek II Selatan tersebut akan dilakukan berdasarkan diskresi dari pihak kepolisian, melihat kondisi lalu lintas di lapangan.

Baca juga: Melihat Pusat Kendali Tol Jasa Marga jelang mudik 2023

Baca juga: Menteri PUPR siapkan Jalan Tol Karanganyar-Klaten untuk mudik

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023