Jakarta (ANTARA) - Persiapan Rafael Nadal untuk meraih gelar French Open ke-15 sekaligus memperpanjang rekor Grand Slam miliknya mengalami gangguan ketika dia mengumumkan pengunduran dirinya dari Monte Carlo Masters.

"Hai semuanya, saya masih belum siap untuk bersaing di level tertinggi," ujar petenis Spanyol itu melalui akun media sosialnya, Selasa.

"Saya tidak akan bisa bermain di salah satu turnamen terpenting dalam karier saya, Monte Carlo. Saya belum dalam kondisi bisa bermain maksimal dan saya melanjutkan proses persiapan saya, berharap untuk segera kembali."

Turnamen Monte Carlo, dimenangi Nadal sebanyak 11 kali, akan dimulai pada Sabtu (8/4) sementara French Open akan dimulai pada 28 Mei.

Baca juga: Djokovic akan kembali No.1 dunia seusai Alcaraz kalah di Miami Open

Nadal berharap bisa segera pulih dari cedera fleksor pinggul yang dideritanya di Australian Open pada Januari dan membuatnya tersingkir di babak kedua usai melawan Mackenzie McDonald.

Juara Grand Slam 22 kali itu juga menarik diri dari turnamen lapangan keras di Indian Wells dan Miami dengan harapan bisa kembali bermain di awal musim lapangan tanah liat.

Rekor juara Monte Carlo Masters dipegang Nadal yang memenangi turnamen delapan kali berturut-turut pada 2005 hingga 2012.

Sebelumnya direktur turnamen Monte Carlo Masters mengatakan Nadal terdaftar untuk edisi tahun ini namun segera dibantah oleh petanis berusia 36 tahun itu

"Saya tidak tahu siapa yang mendapatkan informasi ini, tapi yang jelas jika itu benar, saya akan mengonfirmasinya, tapi sayangnya saya tidak bisa memastikannya," kata Nadal, dikutip dari AFP.

"Banyak hal terjadi dari hari ke hari, dan saya tidak akan mengatakan hal-hal yang tidak dapat saya penuhi."

Baca juga: Kvitova juarai Miami Open untuk catatkan gelar WTA ke-30
Baca juga: Medvedev juarai Miami Open, gelar keempatnya tahun ini

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023