Komwasjak diharapkan terus bekerja dengan integritas dan profesionalitas untuk menjaga reputasi Kementerian Keuangan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melantik Ketua dan Wakil Ketua Komite Pengawas Perpajakan (Komwasjak) periode 2023-2026.

Keterangan resmi Kementerian Keuangan diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan acara pelantikan berlangsung pada Senin (3/4).

Adapun Ketua Komwasjak yang baru dilantik yakni Amien Sunaryadi dan merangkap sebagai Anggota, serta Zainal Arifin Mochtar sebagai Wakil Ketua Komwasjak merangkap Anggota.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani mengimbau Komwasjak agar bersama-sama menjaga dan mengawasi perpajakan Indonesia.

Komwasjak diharapkan terus bekerja dengan integritas dan profesionalitas untuk menjaga reputasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), melaksanakan seluruh langkah-langkah preventif dan korektif dengan akuntabel dan transparan, serta terus menjaga kepercayaan publik.

Baca juga: ESDM dan Kemenkeu belum capai kesepakatan soal pungutan batu bara

Baca juga: Sri Mulyani adakan pertemuan bilateral dengan EU ABC


Komwasjak selaku komite nonstruktural yang bersifat independen dan berkedudukan langsung di bawah Menkeu memiliki tugas untuk melakukan pengawasan dan memberikan rekomendasi yang bersifat strategis terhadap kebijakan dan administrasi perpajakan.

Komwasjak mulai ditetapkan pertama kali pada tahun 2008 yang merupakan amanat dari Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan dan Tata Cara Perpajakan.

Dalam hal ini, kata Sri Mulyani, Komwasjak hadir untuk memberikan rasa keadilan bagi wajib pajak dengan menerima pengaduan perpajakan dari pihak eksternal Kemenkeu, dimana aduan tersebut terus dipantau tindak lanjut rekomendasi dan penyelesaiannya oleh pihak terkait.

Untuk itu, Komwasjak harus bersinergi dan melakukan kerja sama dengan instansi perpajakan dalam melakukan tugasnya untuk mewujudkan kebijakan dan administrasi perpajakan Indonesia yang semakin baik.

Melalui perannya yang sangat strategis tersebut, Komwasjak berkomitmen terus menjaga integritas dan kredibilitas. Menkeu menegaskan, pesan ini harus tertanam kuat pada Amien Sunaryadi dan Zainal Arifin Mochtar yang baru saja dilantik.

Kehadiran kedua petinggi Komwasjak yang berasal dari kalangan profesional dan akademisi diharapkan memberikan warna dan energi baru bagi Komwasjak untuk memberikan pemikiran dan perspektif yang lebih konstruktif melalui ilmu, kompetensi dan pengalaman yang dimiliki.

Baca juga: Menkeu RI bertemu Menteri Ekonomi dan Keuangan Brunei

Baca juga: Menkeu bahas sektor keuangan dalam pertemuan bilateral dengan US ABC

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023