sudah mengerahkan petugas Satuan Polisi Pamong Praja di setiap kecamatan dan kelurahan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat meminta warga yang akan mudik berkoordinasi dengan petugas keamanan untuk menjaga rumah kosong yang ditinggalkan.

"Ini bukan tugas petugas keamanan saja tapi juga tugas warga dan seluruh siskamling yang ada untuk melakukan penjagaan," kata Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Menurut Uus, pihaknya sudah mengerahkan petugas Satuan Polisi Pamong Praja di setiap kecamatan dan kelurahan untuk menjaga lingkungan warga.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polisi dan TNI dalam melakukan penjagaan lingkungan selama musim mudik.

Namun demikian, penjagaan akan lebih maksimal jika masyarakat dilibatkan lantaran dianggap lebih mengetahui titik mana saja yang rawan aksi kriminal.

Tidak lupa Uus juga mengingatkan warga yang pulang kampung agar meninggalkan rumah dengan kondisi aman sehingga tidak terjadi peristiwa kebakaran ataupun hal berbahaya lainnya.

"Jangan sampai terjadi kebakaran di situ harus dilihat ada kompor ada listrik, jadi saya imbau kepada masyarakat agar hati hati saat meninggalkan rumah," kata dia.

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Muhammad Syahduddi menugaskan 587 polisi RW untuk menjaga rumah warga yang kosong saat pulang kampung (mudik).

"Untuk wilayah Jakarta Barat ada 587 polisi RW yang sudah diterjunkan di tiap-tiap RW di Jakarta Barat," terang Muhammad dalam konferensi pers di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa.

Menurut Syahduddi, polisi RW itu akan berpatroli secara rutin di permukiman warga agar terhindari aksi pencurian.

Selain itu, polisi RW juga bisa bertindak sebagai rekan kerja dari para RW untuk mengetahui, mencatat dan mencari solusi terkait gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.
Baca juga: Polrestro Jakbar kerahkan Polisi RW jaga keamanan selama Ramadhan
Baca juga: PLN tingkatkan keamanan instalasi listrik jelang Ramadhan - Idul Fitri
Baca juga: Polrestro Jaksel tingkatkan keamanan masjid menjelang Ramadhan


 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023