Partai Demokrat harus memberi respon cepat...
Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik Siti Zuhro menilai Partai Demokrat (PD) perlu melakukan evaluasi terhadap kadernya secara menyeluruh setelah pengunduran diri Andi Alfian Mallarangeng, guna menyongsong Pemilihan Umum 2014.

"Partai Demokrat harus memberi respon cepat terhadap mundurnya Andi Mallarangeng, sekaligus mengevaluasi secara menyeluruh dalam menyongsong Pemilu 2014," katanya, di Jakarta, Jumat.

Jika PD mampu mengeliminasi kader-kader bermasalah dan mengganti mereka dengan yang lebih handal, lanjutnya, maka kepercayaan publik akan meningkat. PD perlu melakukan upaya pembenahan konkret dalam menanggapi perkembangan kasus korupsi yang menimpa satu per satu kadernya.

"Sekarang ini adalah momen yang bagus bagi Partai Demokrat untuk melakukan konsolidasi dan membenahi diri," kata peneliti senior politik di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu.

Hal tersebut dikatakan Siti Zuhro dalam menanggapi pengunduran diri Andi Mallarangeng dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), sekaligus dari kepengurusannya di Partai Demokrat.

Andi Mallarangeng ditetapkan sebagai tersangka dalam proses pengadaan barang dan jasa dalam pembangunan proyek Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Bukit Hambalang, Jawa Barat.

Dengan terlibatnya Andi Mallarangeng dalam kasus proyek Hambalang, menambah panjang daftar kader Partai Demokrat yang terlibat dalam kasus korupsi.

Sebelumnya, KPK telah menjerat mantan bendahara umum Muhammad Nazaruddin dan wakil sekretaris jenderal Partai Demokrat Angelina Sondakh dalam dugaan kasus korupsi proyek pembangunan Wisma Atlet Jakabaring di Palembang.

Nazaruddin bahkan telah menyebut nama Ketua Umum PD Anas Urbaningrum sebagai penunjuk kontraktor PT Adhi Karya dan PT Wijaya Karya.
(F013)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012