Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung menyiapkan pos kesehatan di sepanjang jalur arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1444 H untuk melayani kesehatan pemudik serta mencegah peningkatan penularan COVID-19.

"Kami akan mendirikan pos kesehatan, sehingga bila ada pemudik yang kurang sehat bisa mendapat pengobatan, termasuk bila gejala mengarah ke COVID-19 agar segera diminta untuk memakai masker," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Lampung Selatan Basuki Didik Setiawan, saat dihubungi dari Tanggamus, Lampung, Rabu.

Dia menjelaskan untuk titik lokasi pos kesehatan dan berapa pos yang akan didirikan, belum bisa diinformasikan karena masih berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya.

"Untuk jumlah pos kesehatan dan dimana saja titiknya masih dikoordinasikan dengan Polri dan pihak terkait," kata dia pula.

Dia juga berharap kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik agar dapat menjaga kesehatan dan stamina saat diperjalanan serta selalu memakai masker.

"Kami menyarankan kepada masyarakat yang kurang sehat terutama berkaitan dengan penyakit saluran pernapasan agar senantiasa memakai masker dan tidak bepergian sebelum sembuh," ujar dia pula.

Dia mengingatkan lonjakan arus pemudik pada tahun ini diperkirakan akan naik, oleh karena itu pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait agar mudik Lebaran tahun 2023 ini lancar, aman, dan nyaman.

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023