Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menekankan pentingnya penguatan sistem kesehatan nasional sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Sistem kesehatan adalah suatu sistem yang terdiri atas berbagai elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," kata Asisten Deputi Peningkatan Pelayanan Kesehatan Kemenko PMK Nia Reviani di Jakarta, Rabu.

Elemen-elemen tersebut, kata dia, meliputi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, pembiayaan, informasi, kebijakan, dan tata kelola.

Baca juga: Kemenko PMK: Cegah masalah kesehatan dengan PHBS

"Sistem kesehatan yang kuat tentunya harus mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, efisien, adil, dan merata kepada seluruh masyarakat di Tanah Air," katanya.

Dengan sistem kesehatan yang kuat, kata dia, maka berbagai tantangan kesehatan yang ada saat ini maupun di masa depan akan dapat dihadapi dengan baik.

Nia Reviani juga menjelaskan bahwa penguatan sistem kesehatan meliputi berbagai aspek, seperti peningkatan sumber daya manusia di bidang kesehatan serta perbaikan infrastruktur dan fasilitas kesehatan.

Selain itu, juga meliputi pengembangan teknologi dan inovasi kesehatan serta pemberdayaan masyarakat dalam hal promotif dan preventif kesehatan.

Baca juga: Kemenko PMK: Ramadhan momentum tingkatkan kualitas kesehatan

"Kemenko PMK terus meningkatkan sosialisasi dan mengajak seluruh pemangku kepentingan agar dapat bersama-sama berkontribusi dalam penguatan sistem kesehatan," katanya.

Menurut dia, peran aktif dan sinergi seluruh pihak terkait merupakan kunci utama dalam rangka memperkuat sistem kesehatan di Indonesia.

"Sinergi yang dimaksud antara lain dalam merumuskan kebijakan yang progresif, mengalokasikan sumber daya yang adekuat, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, serta memperbaiki infrastruktur dan juga teknologi informasi," katanya.

Selain itu, juga memperkuat mekanisme koordinasi dan kolaborasi serta meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat.

Baca juga: Kemenko PMK: Kesadaran masyarakat jaga kesehatan perlu ditingkatkan

"Dengan demikian, akan dapat menciptakan suatu sistem kesehatan yang kuat dan tangguh. Oleh karena itu, Kemenko PMK terus mendorong seluruh pihak untuk berperan aktif membangun Indonesia yang sehat, kuat, dan sejahtera," demikian Nia Reviani.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023