Tahun lalu 50 persen dari transaksi normal biasanya. Itu yang kami perlu persiapkan lebih fokus
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan penyedia layanan transaksi elektronis PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) tengah mempersiapkan langkah-langkah strategis guna mengantisipasi lonjakan transaksi menjelang Idul Fitri 2023.

Direktur Utama Artajasa M. Ma’ruf menjelaskan upaya-upaya antisipasi tersebut mencakup pemeliharaan dan pemantauan sistem serta peningkatan kapasitas jaringan.

“Kami melihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya, setiap menjelang Lebaran biasanya terjadi kenaikan transaksi. Tahun lalu 50 persen dari transaksi normal biasanya. Itu yang kami perlu persiapkan lebih fokus,” kata Ma’ruf di Jakarta, Rabu.

Transaksi Artajasa meliputi transaksi perbankan di ATM Bersama serta pembayaran menggunakan Debit GPN dan QRIS di merchant.

Memasuki hari ke-14 Ramadan, peningkatan rata-rata transaksi Artajasa telah meningkat 20 persen dari transaksi normal.

Artajasa mencatat rata-rata transaksi per bulan berada di kisaran 60 juta transaksi. Oleh karena itu, lanjut Ma’ruf, Artajasa memprediksi jumlah transaksi pada periode Lebaran kali ini dapat menyentuh angka 90 juta.

“Saat Lebaran memang pasti meningkat. Peningkatan transaksi tertinggi biasanya saat H-1 Lebaran,” tambah Direktur IT & Operasional Artajasa Teddy Sis Herdianto.

Teddy mengatakan, Artajasa juga akan berkoordinasi dengan para anggotanya, baik bank maupun nonbank, untuk mempersiapkan capacity planning atau perencanaan kapasitas dalam rangka mengantisipasi peningkatan transaksi pada periode Lebaran.

Artajasa akan mendorong para anggota ATM Bersama untuk menyiapkan sumber daya yang memadai, mulai dari tim teknis, tim pemantauan, hingga help desk atau tim bantuan. Upaya-upaya tersebut diharapkan dapat menjadi upaya memastikan jaringan ATM Bersama tetap terpantau dengan baik.

Untuk itu, menurut Teddy, kolaborasi seluruh pihak yang terlibat dibutuhkan dalam upaya antisipasi tersebut agar ekosistem dapat berjalan dengan baik.

“Dalam menghadapi ini, kami pastikan semua kami persiapkan dengan sebaik-baiknya,” ujar Teddy.

Baca juga: Artajasa akan dukung penerapan QRIS cross border
Baca juga: Artajasa hadirkan infrastruktur percepat perbankan terhubung BI-FAST
Baca juga: QRIS beri kemudahan transaksi untuk UMKM


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023