Jakarta (ANTARA) -
Lima berita politik pada Rabu (5/4) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Presiden ajak partisipasi publik pilih logo IKN hingga minta mutasi Direktur Penyidikan KPK tak bikin gaduh.
 
Klik di sini untuk berita selengkapnya

1. Jokowi ajak partisipasi publik pilih logo IKN berhadiah motor listrik

Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam memilih logo Ibu Kota Nusantara yang berhadiah motor listrik bagi 10 orang pemenang.

Ajakan tersebut disampaikan melalui unggahan di akun Instagram @jokowi yang dipantau di Jakarta, Rabu malam.

Dalam akun Instagram @jokowi itu diunggah video penjelasan tentang IKN. Selanjutnya dalam deskripsi unggahannya tertulis ajakan memilih logo IKN.

Selengkapnya di sini


2. Jokowi minta mutasi Direktur Penyelidikan KPK tidak membuat gaduh

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta masing-masing institusi, baik itu KPK maupun Polri memiliki peraturan yang harus ditaati, sehingga mutasi mantan Direktur Penyelidikan KPK Brigjen Pol Endar Priantoro tidak membuat gaduh.
 
“Ada aturan-aturan, SOP (standar prosedur operasional), ada semuanya. Jadi ikuti itu saja. Kita harapkan jangan sampai mutasi atau perpindahan itu membuat kegaduhan,” kata Jokowi di Pasar Johar Baru, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini

 
3. Ketua Partai Demokrat se-Indonesia serentak datangi pengadilan

Ketua Partai Demokrat di semua tingkatan se-Indonesia serentak mendatangi pengadilan negeri daerah masing-masing untuk menyerahkan surat yang ditujukan kepada Mahkamah Agung terkait kepengurusan partai di bawah Agus Harimurti Yudhoyono selaku ketua umum.

"Ini merupakan wujud kewaspadaan mereka dalam menjaga kehormatan dan kedaulatan partai. Per hari ini (Selasa, 4/4), setidaknya sudah 34 provinsi dan 414 kabupaten dan kota yang telah menyambangi pengadilan setempat; dan ini terus berlanjut hingga akhir pekan ini," kata Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Timo Pangerang dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini


4. PPLN Kuala Lumpur terima usulan bahas penetapan hari Pemilu 2024

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur menerima usulan untuk membahas lagi penetapan hari Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk wilayah kerjanya.

“Usulan diterima,” kata Ketua PPLN Kuala Lumpur Umar Faruk dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Datar Pemilih Sementara Luar Negeri di Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur, Rabu, menanggapi usulan peserta rapat pleno agar penetapan hari Pemilu 2024 di wilayah itu dengan melibatkan pemangku kepentingan.

Selengkapnya di sini

 
5. Bawaslu umumkan hasil usut kasus pembagian amplop di Sumenep besok

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menjadwalkan mengumumkan hasil pengusutan terhadap kasus pembagian amplop berlogo PDI Perjuangan di salah satu masjid di Sumenep, Jawa Timur, termasuk dalam pelanggaran pemilu atau tidak pada Kamis (6/4) besok.

"Kami akan lakukan konferensi pers besok hari ya untuk soal itu (hasil pengusutan terhadap kasus pembagian amplop di salah satu masjid di Sumenep," ujar Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja kepada wartawan usai menemui Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini

 
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023