Bukittinggi meraih penghargaan TOP BUMD Awards melalui program Tabungan Utsman, penghargaan ini diberikan kepada BUMD terbaik di Indonesia atas Achievement (prestasi), Improvement (perbaikan), dan Contribution (kontribusi).
Bukittinggi, - (ANTARA) -
Pemerintah Kota Bukittinggi dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Jam Gadang meraih penghargaan tingkat nasional pada ajang "Top BUMD Awards 2023" yang diselenggarakan Majalah Top Bussiness bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (I-OTDA).
 
"Bukittinggi meraih penghargaan TOP BUMD Awards melalui program Tabungan Utsman, penghargaan ini diberikan kepada BUMD terbaik di Indonesia atas Achievement (prestasi), Improvement (perbaikan), dan Contribution (kontribusi)," kata Wali Kota Bukittinggi Erman Safar di Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis.
 
Menurutnya kesuksesan program Tabungan Utsman menggiring Kota Bukittinggi memborong tiga penghargaan sekaligus, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menerima penghargaan kategori TOP Pembina BUMD 2023.

Baca juga: PDAM Lombok Tengah dapat penghargaan Top BUMD Awads 2023
 
BPRS Jam Gadang meraih TOP BUMD Award 2023 bintang 5 dan Direktur Utama BPRS Jam Gadang, Feri Irawan meraih Top CEO BUMD 2023.
 
Ia mengatakan program Tabungan Utsman yang digagas mendapat perhatian sebagai salah satu BUMD terbaik yang telah dilakukan terkait kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.
 
"Penghargaan nasional ini tentu akan menjadi kebanggaan Kota Bukittinggi, kami yakin program Tabungan Utsman menjadi salah satu yang mempengaruhi peningkatan ekonomi masyarakat, termasuk pada peningkatan kinerja BPRS Jam Gadang sendiri," katanya
 
Ia menjelaskan Tabungan Utsman merupakan program kerja sama Pemkot Bukittinggi dengan PT. BPRS Jam Gadang (Perseroda) yang diluncurkan sejak 23 Maret 2022.

Baca juga: Pemkab Sleman raih lima penghargaan TOP BUMD Award 2023
 
Tabungan Utsman menjadi program unggulan bagi Kota Bukittinggi, dalam satu tahun perjalanannya, tercatat realisasi Tabungan Utsman mencapai Rp 21,8 miliar.
 
Pemkot bersama DPRD Bukittinggi telah menganggarkan Rp2,5 miliar untuk margin dan akan menambah Rp500 juta lagi, masyarakat dapat memanfaatkan pembiayaan secara syariah, tidak ada bunga dan agunan, nasabah hanya membayar atau mencicil pinjaman pokok saja, dengan sistem menabung.
 
"Kami akan terus upayakan bagaimana ekonomi masyarakat meningkat, terutama saat puasa ini dan tetap yang paling utama, bebas dari jeratan rentenir," tegasnya.
 
Direktur I-OTDA sekaligus ketua dewan juri, Djohermansyah Djohan menyampaikan, tujuan utama TOP BUMD Awards adalah untuk membangun ekonomi Indonesia melalui percepatan pembangunan ekonomi daerah.
 
"Harapan kami dari TOP BUMD Awards adalah semakin banyak bermunculan BUMD hebat yang terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan usaha agar kinerja dan layanannya terus meningkat sehingga dapat lebih berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di daerah maupun di nasional," ujarnya.

Sementara itu Direktur Utama PT. BPR Syariah Jam Gadang Feri Irawan menyebutkan saat ini tercatat 1.002 nasabah Tabungan Utsman dengan jumlah plafon Rp 8,9 miliar lebih.

"Jika dihitung dari awal diluncurkan tahun 2022 lalu, tercatat nasabah Tabungan Ustman sebanyak 2.747 UKM, dengan nominal hampir Rp 22 miliar, ini menjadi produk unggulan Kota Bukittinggi dengan kualitas dan kuantitasnya menjadi bukti Bukittinggi peduli ekonomi masyarakat," katanya. 
 
 
 
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023