Ramadhan selalu naik dalam hal pembiayaan barang, khususnya fashion, gadget, elektronik, furniture
Jakarta (ANTARA) - Hasil survei studi perilaku konsumen yang dilakukan oleh Tim Market Research Home Credit Indonesia (HCI) menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat cenderung untuk memilih belanja barang fesyen selama bulan Ramadhan.

"Hasil survei menunjukkan selama Ramadhan, terdapat empat tipe barang yang menjadi preferensi masyarakat sesuai urutan persentasenya, yakni fashion sebesar 43 persen, gadget sebesar 34 pesen, elektronik rumah tangga sebesar 27 persen, dan furnitur yang mencapai 16 persen," kata Vice President Brand & Marketing Strategy Home Credit Indonesia Martha Grashiana di Jakarta, Kamis.

Survei yang dilakukan pada periode 10 - 13 Februari 2023 terhadap 1.322 responden itu juga mengungkap bahwa selama Ramadhan masyarakat cenderung lebih memilih saluran pembelian offline dibandingkan saluran pembelian online.

Sebanyak 54 persen memilih saluran pembelian offline seperti toko-toko di mall atau pasar tradisional untuk membeli berbagai barang seperti gadget, peralatan elektronik, furnitur hingga kebutuhan dasar seperti beras.

Sedangkan sebanyak 46 persen responden memilih online seperti e-commerce, media sosial, website brand untuk bertransaksi membeli barang fashion, peralatan hobi, dan bayar tagihan.

“Kemudian saya melihat konsumennya itu juga konsumen sangat aktif gitu ya, juga tadi kita lihat preferensi mereka, jadi challenge tetap ada, tapi optimisnya lebih besar karena melihat trennya yang terjadi gitu ya. Ramadhan selalu naik dalam hal pembiayaan barang, khususnya fashion, gadget, elektronik, furniture," ujar Martha.

Dengan adanya data tersebut, Martha optimistis bisnis perseroan akan semakin meningkat dengan menjalankan dua program baru selama bulan Ramadhan.

Program pertama yaitu Promo Ngabuburit. Dalam promo tersebut, masyarakat yang menggunakan layanan HCI memiliki kesempatan mendapatkan hadiah mulai dari emas lima gram, gawai, peralatan elektronik, serta saldo Home Credit Pay.

Selain itu, sepanjang bulan Ramadan, HCI juga menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) bekerjasama dengan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dikelola oleh komunitas disabilitas di Jakarta dan Bandung.

“Yang kedua ada program CSR, program di mana kita melakukan kegiatan sosial yang dilakukan oleh karyawan Home Credit. Jadi ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab yang kami lakukan dan ini bukan cuman tahun ini ya, ini keep on happening gitu, selama bulan Ramadan,” kata Martha.

Martha menambahkan, adanya program tersebut dihadirkan HCI sebagai bentuk komitmen untuk menyediakan layanan keuangan yang terjangkau dan transparan, sekaligus demi memberikan edukasi literasi keuangan kepada masyarakat.

Baca juga: APPBI: Puncak kunjungan ke pusat belanja dua minggu jelang Lebaran
Baca juga: Konsumen cenderung buru produk selain panganan selama Ramadhan
Baca juga: Masyarakat diminta tak gegabah saat belanja kebutuhan Ramadhan-Lebaran

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023