Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Kamis (6/4), mulai dari Polda Jawa Tengah menyebutkan seluruh korban kasus pengganda uang meninggal dunia karena diracun hingga Pemerintah menyalurkan bansos bagi masyarakat kurang mampu untuk merayakan Idul Fitri.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

Polda Jateng sebut korban pengganda uang meninggal dipastikan diracun

Kepala Bidang Laboratorium Forensik Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Slamet Iswanto menyebutkan seluruh korban dipastikan meninggal dunia karena mati lemas diracun menyusul kasus 12 korban pembunuhan dukun pengganda uang tersangka Slamet Tohari (45), di Kabupaten Banjarnegara.

"Seluruh Korban dipastikan meninggal karena mati lemas akibat diracun. Hal ini, dari hasil pemeriksaan Toksikologi terhadap jenazah Paryanto salah satu korban pembunuhan dukun pengganda uang," kata Slamet Iswanto ketika mendampingi Kepala Polda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi, dalam Konferensi Pers, di Mapolresta Surakarta, Kamis (6/4) petang.

Selengkapnya baca di sini.

Sekdaprov Riau S.F. Hariyanto penuhi panggilan KPK

Sekretaris Daerah Provinsi Riau S.F. Hariyanto memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk memberikan klarifikasi soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya.

Hariyanto tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (6/4), pukul 08.35 WIB, namun tidak banyak berkomentar soal kedatangannya dan memilih untuk langsung masuk ke lobi Gedung Merah Putih KPK. Dia kemudian masuk ruang klarifikasi sekitar pukul 09.08 WIB.

Selengkapnya baca di sini.

Mahfud sebut 50 persen kasus TPPO di Indonesia libatkan anak-anak

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan 50 persen kasus tindak pidana penjualan orang (TPPO) di Indonesia dari tahun 2017 hingga 2022 melibatkan anak-anak.

"Selama tahun 2017 hingga 2022 terdapat 2.605 kasus tindak pidana penjualan orang (TPPO) di Indonesia. Dari jumlah tersebut 50.97 persen di antaranya melibatkan anak-anak dan 46,14 persen melibatkan perempuan sebagai korban," ungkap Mahfud MD.

Selengkapnya baca di sini.

Menko PMK ingatkan masyarakat waspada kecelakaan di lokasi wisata

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati saat melakukan perjalanan liburan Lebaran Idul Fitri terutama di lokasi wisata karena rawan kecelakaan.

"Mohon diwaspadai oleh para mereka yang akan mudik, laporan dari Menteri Perhubungan dan Kapolri bahwa kecelakaan banyak terjadi di tempat-tempat wisata dan rute perjalanan menuju tempat wisata," kata Muhadjir usai rapat koordinasi kesiapan Idul Fitri 2023 di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (6/4).

Selengkapnya baca di sini.

Pemerintah siapkan bansos Lebaran untuk 21 juta KK

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat kurang mampu untuk merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Kemudian agar masyarakat tidak mampu dapat ikut bergembira merayakan Idul Fitri maka pemerintah akan menyediakan bantuan sosial,” kata Muhadjir usai Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Idul Fitri Hijriah di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (6/4).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023