Jakarta (ANTARA News) - Dua gol Wayne Rooney membuat Manchester United unggul sementara di babak pertama melawan Manchester City pada laga Liga Utama Inggris, Minggu.

Gol pertama penyerang timnas Inggris itu terjadi di menit 15'. Berawal dari serangan balik dari Ashley Young yang berlari dari tengah lapangan.

Sesampainya di depan gawang City, Young memberi umpang pada Rooney. Bola kemudian ditendang menyusur tanah ke pojok gawang.

Kiper Joe Hart pun tidak berdaya menahan tendangan terarah tersebut. Dia terhalang Clichy yang berada persis di depan Rooney, 1-0 untuk United.

Gol kedua dicetak menit 28' lagi-lagi lewat serangan balik. Kali ini Rafael yang melakukan umpan silang dari sisi kiri pertahanan City.

Rooney yang berada di dalam kotak penalti dan tidak terkawal, berhasil menjaringkan bola dengan manis ke gawang Joe Hart. Bek pengganti, Toure juga terlambat menutup pergerakan penyerang berusia 27 tahun itu.

City sebenarnya bukan tanpa serangan, mulai dari menit awal anak-anak asuhan Mancini itu membahayakan gawang United.

Menit 5', tendangan bebas Balotelli yang menyusur tanah berhasil ditahan kiper De Gea. Alhasil hanya menghasilkan sepak pojok bagi City.

Menit 10, umpan terobosan Gareth Barry dari tengah lapangan ke sisi kanan pertahanan MU diterima dengan baik oleh Clichy. Bek kiri itu kemudian melanjutkan ke Balotelli yang ada di tengah kotak penalti.

Penyerang asal Italia itu melakukan tendangan voley, tapi sayang masih melambung di atas gawang MU.

Secara keseluruhan babak pertama, MU terlihat lebih terorganisir. Meski banyak diserang oleh City namun lini bertahan 'Setan Merah' terlihat kokoh.

Serang-serang balik anak-anak asuh Ferguson pun patut diacungi jempol. Mereka berhasil memanfaatkan peluang sedikit mungkin untuk memberikan selisih 2-0 pada babak pertama. 
(lod)

Pewarta: M Baghendra Lodra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012