Surabaya (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur siap menyambut para pemudik yang berasal dari wilayah tersebut untuk berlibur saat momen Lebaran yang telah menjadi tradisi dan budaya di Indonesia.

"Mudik menjadi forum silaturahim dengan keluarga, khususnya para perantau yang nantinya kembali ke kampung halaman di Jawa Timur. Untuk itu, kami bekerja sama dengan banyak pihak untuk bisa menyambut momen mudik Lebaran sambil liburan di Jatim saja," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Hudiyono dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Jumat.

Hudiyono menjelaskan Lebaran sambil liburan di Jatim sangat tepat, karena ada 1.368 daya tarik wisata, yakni 475 wisata alam, 550 wisata buatan, dan 343 wisata budaya.

Baca juga: Pemkab Magetan minta usaha wisata terapkan Sapta Pesona hadapi lebaran

"Jatim juga memiliki potensi destinasi 596 desa wisata yang siap menyambut pemudik untuk berlibur, ditambah fasilitas sarana sebanyak 1.576 hotel, 7.889 rumah makan atau restoran, 1.743 homestay, dan 1.792 biro perjalanan wisata," ucapnya.

Berdasarkan data Disbudpar Jatim tahun 2022, terdapat 10 kunjungan wisatawan terbaik saat libur Lebaran, di antaranya Telaga Sarangan Magetan, Kebun Binatang Surabaya, Pantai Balekambang Malang, Go Fun Bojonegoro, dan Pantai Boom Banyuwangi.

Kemudian, Pantai Klayar Pacitan, Taman Safari Pasuruan, Pantai Gemah Tulungagung, Pantai Watu Ulo Jember, Jatim Park II Batu dan masih banyak ratusan destinasi yang bisa menjadi tujuan wisata di musim libur Lebaran nanti.

Tak hanya itu, untuk memastikan pemudik merasa aman dan nyaman, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan lintas instansi.

"Sudah dilakukan pemetaan jalur rawan kemacetan oleh Ditlantas Polda Jatim. Titik rawan bencana sudah dirilis BPBD Jatim. Semua sudah dilakukan upaya preventif hingga mitigasi," katanya.

Selain itu, pengelola wisata di Jawa Timur juga telah diberikan imbauan oleh Sekdaprov Jawa Timur melalui surat No 556.2/14109/118.9/2023 tentang Tanggung Jawab Usaha Pariwisata untuk Mengawasi, Memantau dan Mengevaluasi Penyelenggaraan Kepariwisataan.

"Bismillah, semoga proses perjalanan mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar dan aman. Sambil silaturahim Lebaran bersama keluarga di kampung halaman bisa sambil liburan. Tentunya kalau mau healing yang menyenangkan, ya di Jatim aja," tuturnya.

Baca juga: Khofifah minta pengelola wisata perhatikan jumlah kunjungan wisatawan

Baca juga: Magetan dikunjungi 145.695 wisatawan selama libur Lebaran 2022


Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah memastikan kesiapan menghadapi masa mudik Lebaran tahun 2023 agar bisa mudik dengan selamat, aman, nyaman dan bahagia.

"Untuk itu kami memastikan angkutan umum tersedia dalam jumlah yang cukup, melakukan antisipasi dan juga rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan di arteri maupun di exit tol, melakukan langkah-langkah antisipasi di titik-titik destinasi wisata, memastikan kemantapan jalan, dan menyediakan layanan mudik gratis bagi warga Jatim," ujar Khofifah.

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023