Kupang (ANTARA) - Uskup Agung Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Mgr Petrus Turang mengajak seluruh umat Katolik di wilayah itu untuk mendoakan agar kerukunan hidup umat beragama di Indonesia tetap terjaga dengan baik sehingga tetap hidup rukun dan damai.

"Mari kita mendoakan agar kerukunan hidup umat beragama di Indonesia tetap terjalin dengan baik sehingga hidup rukun dan damai terus dijaga," kata Uskup Agung Mgr Petrus Turang dalam perayaan misa Jumat Agung di Gereja Paroki Sta Maria Assumpta kawasan Kota Baru, Jumat.

Dalam perayaan misa Jumat Agung yang dihadiri ribuan umat itu juga dilakukan prosesi kisah sengsara Yesus Kristus.

Menurut Uskup Petrus Turang, kisah sengsara Yesus Kristus hingga mati di kayu salib untuk dijadikan sebagai kabar suka cita bagi seluruh umat Katolik, karena sudah dipulihkan dalam hubungan persahabatan dengan Yesus Kristus sebagai anak-Nya, yang dalam melaksanakan kehendak Bapanya kembali bangkit dari kayu salib menjadi terang kehidupan.

Uskup Agung Mgr Petrus Turang berharap umat Katolik yang sedang berziarah di dunia ini untuk selalu mengikuti teladan Yesus Kristus untuk saling menghormati satu sama lain.

"Sebagai mana dilakukan Yesus Kristus yang menghormati murid-muridnya membasuh kaki mereka. Kita yang masih berjalan di dunia ini untuk juga saling menghargai, saling menghormati dan peduli dengan orang lain. Memberikan kesempatan kepada sesama kita untuk secara ekologis selalu bersikap adil," katanya.

Baca juga: Corak batik pesisir Jawa warnai perayaan Paskah di Katedral Jakarta

Menurut dia, selama masa puasa telah merenungkan tentang keadilan ekologis yaitu suatu keadilan yang memberikan kepada manusia martabat.

"Semoga kita manusia juga memberikan martabat kepada ciptaan yang lain, dengan tidak merusak dunia ini tetapi membantu dunia ini menjadi satu bagian untuk saling menopang dan membantu agar kehidupan tetap seimbang dan menyelamatkan," ucapnya.

Ia juga mengajak seluruh umat Katolik di wilayah Keuskupan Agung Kupang untuk selalu mendoakan agar kerukunan hidup beragama di Indonesia ini tetap terjalin dengan baik.

"Mari kita doakan juga untuk para kepala negara di seluruh dunia agar selalu menjaga perdamaian dunia ini," ujarnya. 

Pada perayaan misa Jumat Agung juga dilaksanakan upacara penciuman salib sebagai ekspresi syukur dan kasih Yesus yang telah mengasihi umat manusia. Perayaan Jumat Agung juga dilaksanakan di seluruh Paroki, stasi, dan kapela, dihadiri ribu umat Katolik yang ada di Kota Kupang.

Baca juga: Pastor: Paskah momentum tranformasi diri umat jadi lebih baik

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023