kegiatan Bulan Mutu Karantina (BMK) 2023 ini bertujuan untuk menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)....
Padang (ANTARA) - Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Pangan (SKIPM) Padang, Sumatera Barat, mendistribusikan 700 paket ikan tuna bermutu ke sejumlah daerah dalam kegiatan Bulan Mutu Karantina (BMK) 2023 dengan tema Peran BKIPM dalam penjaminan Mutu dan bebas mikro plastik.

Kepala SKIPM Padang Abdur Rohman di Padang, Jumat, mengatakan kegiatan Bulan Mutu Karantina (BMK) 2023 ini bertujuan untuk menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat dalam pewujudan penjaminan ikan sehat dan bermutu.

Dalam kegiatan ini pihaknya berkolaborasi dengan Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto yang mendorong SKIPM menganggarkan dana untuk kegiatan ini di Sumbar. Kegiatan ini juga digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia oleh Unit Kerja Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKIPM.

Baca juga: Badan KIPM waspadai kandungan mikroplastik di ikan

Menurut dia 700 paket berupa potongan kecil ikan tuna berasal dari Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang berada di Sumatera Barat.

Penyaluran pekat secara simbolis dilakukan oleh Anggota DPR RI Komisi IV Hermanto dan Kepala Pusat Pengendalian Mutu BKIPM kepada perwakilan masyarakat yang selanjutnya akan didistribusikan ke delapan kota dan kabupaten.

Ia mengatakan paket tersebar ke 10 kota dan kabupaten di Sumatera Barat yaitu Kota Padang 250 paket, Kota Solok 50 paket, Kota Sawahlunto 50 paket.

Kemudian Kota Padang Panjang 50 paket, Kabupaten Solok Selatan 75 paket, Kabupaten Sijunjung 75 paket, Kabupaten Tanah Datar 75 paket dan Kabupaten Solok 75 paket.

Kepala Pengendalian Mutu BKIPM, Widodo Sumiyanto mengatakan kegiatan ini sudah berjalan selama delapan tahun dan tahun pertama hingga kelima pihaknya hanya fokus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tanpa memberikan ikan bermutu.

"Pada tahun keenam baru kami lakukan pendistribusian ikan bermutu ini kepada masyarakat untuk dinikmati dan ini bentuk perhatian negara kepada masyarakat untuk melakukan pemenuhan gizi," kata dia.

Baca juga: Gorontalo lakukan kajian potensi pengembangan tuna di Teluk Tomini

Ia mengatakan dalam satu paket ini berisi potongan ikan tuna yang telah terjamin mutu dan kualitas daging karena sebelum disebar kepada masyarakat sudah dilakukan uji klinis.

"Kami pastikan juga ikan ini bebas dari mikro plastik karena sudah melalui serangkaian tes di laboratorium," kata dia.

Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan khususnya SKIPM Padang atas kegiatan ini.

Ia berharap masyarakat mendapatkan edukasi tentang pentingnya penjaminan mutu ikan sebelum dikonsumsi.

Ia juga berharap masyarakat mendapatkan edukasi tentang pentingnya peran BKIPM dalam penjaminan mutu ikan sebelum dikonsumsi.

“Kami juga berharap sinergi antarinstansi sehingga peningkatan mutu dan kebutuhan pangan rakyat dapat terpenuhi dengan baik,” kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023