Saya ingatkan kepada semua pengelola pariwisata, tolong diaudit venue-venue di mana permainan itu sering dipakai. Umpama tempat-tempat selfie, pastikan kokoh
Karanganyar (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meminta pengelola wisata mengecek semua wahana yang ada guna memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung saat libur Lebaran 2023.

“Saya ingatkan kepada semua pengelola pariwisata, tolong diaudit venue-venue di mana permainan itu sering dipakai. Umpama tempat-tempat selfie, pastikan kokoh. Lalu ada kayak flying fox begitu, diaudit dulu dan dipastikan aman. Jembatan-jembatan yang menyeberang sungai-sungai pastikan aman," kata Ganjar Pranowo di Kabupaten Karanganyar, Jumat.

Hal itu, lanjutnya, sangat penting agar para wisatawan bisa berlibur dengan tenang karena wahana sudah dicek sebagai upaya mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jadi kepada semua pengelola wisata, saya minta semuanya siap. Audit sekarang dan pastikan aman sehingga nanti pada saat libur Lebaran, terus banyak yang piknik begitu mereka bisa aman," ujar Ganjar Pranowo.

Baca juga: Ganjar: Ciptakan sesuatu yang baru dalam memasarkan pariwisata

Dalam kunjungan kerjanya, Gubernur Jateng itu melakukan pengecekan di sejumlah objek wisata di Kota Surakarta dan Kabupaten Karanganyar menjelang mudik Lebaran.

Dua objek wisata yang dicek Ganjar Pranowo adalah Taman Balekambang dan Grojogan Sewu.

Saat di Objek Wisata Grojogan Sewu, Ganjar melihat masih kurang fasilitas berupa tempat sampah sehingga pengunjung membuang sampah sembarangan.

"Ini ditambah ya Mas, biar pengunjung tidak buang sampah sembarangan. Terus diedukasi pengunjungnya juga," ujar Gubenur Jateng itu kepada pengelola wisata alam di daerah tersebut.

Baca juga: Ganjar Pranowo ajak masyarakat wisata dalam negeri
Baca juga: Ketua Kadin: Pariwisata jadi potensi kebangkitan ekonomi Jateng


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023