Los Angeles (ANTARA News) - Film Prancis tentang pasangan yang menua, Amour, menjadi pilihan yang mengejutkan sebagai film terbaik 2012 oleh Asosiasi Kritikus Film Los Angeles (Los Angeles Film Critics Association) pada Minggu (9/12) waktu setempat.

Asosiasi itu, seperti dilansir Reuters, juga menobatkan Joaquin Phoenix sebagai aktor terbaik dalam perannya sebagai orang luar yang bermasalah pada film drama The Master.

Dalam sebuah daftar yang memecahkan ranking dengan pemilihan pendahuluan penghargaan film di New York, asosiasi itu menobatkan Paul Thomas sebagai sutradara terbaik untuk film "The Master" dan Amy Adams sebagai aktris pendukung terbaik.

Sementara, film thriller tentang pembunuhan Osama bin Laden Zero Dark Thirty terpilih sebagai film dengan penyuntingan terbaik.

Pada pekan sebelumnya, Zero Dark Thirty juga memperoleh penghargaan sebagai film terbaik dari Dewan Review Nasional yang berbasis di New York dan New York Film Critics Circle.

Nominasi yang akan diumumkan pada pekan mendatang dalam penghargaan Screen Actors Guild dan Golden Globe itu akan menjadi indikator awal untuk penghargaan Oscar pada Februari mendatang.

Sekitar 60 anggota Asosiasi Kritikus Film Los Angeles menunjukkan pilihan yang luas dan kesepakatan kecil dengan apa yang ditinjau pengamat industri penghargaan film.
(I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012