Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat mengklaim kebutuhan  ikan cukup selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah baik itu ikan laut maupun tawar. 
 
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Iman Djuniawal di Jayapura, Sabtu, mengatakan hal ini berdasarkan hasil sidak yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.
 
"Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Papua melakukan sidak pada, Rabu (5/3) di Kota Jayapura hasilnya stok ikan tersedia cukup, " katanya. 
​​​​ 
Walaupun ketersediaan ikan cukup sangat mencukupi, katanya namun untuk harganya sangat tergantung dengan kondisi cuaca.
 
Dia menjelaskan harganya tergantung cuaca, kalau cuaca tidak mendukung otomatis jumlah ikan berkurang dan harganya naik. Akan tetapi pihaknya jamin masih bisa mencukupi kebutuhan warga.
 
"Untuk pasokan bahan bakar minyak bagi para nelayan di wilayah Kota Jayapura tersedia cukup sehingga masyarakat jangan khawatir jika kekurangan stok ikan. Apalagi ikan yang dijual semua segar-segar dan produk lokal," katanya lagi.
 
Sementara itu, Pelaksanaan Tugas (Plt) Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua, Suzana Wanggai  mengimbau  masyarakat agar bijak dalam berbelanja dan tidak berlebihan.
 
"Kami sudah turun melakukan sidak dengan semua instansi terkait dan melihat secara langsung bagaimana stok bahan pokok kita semua masih aman dan harga juga tidak mengalami kenaikan," katanya.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023