Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan santunan kepada ratusan anak yatim/piatu dan zakat produktif dalam kegiatan Safari Ramadhan Baznas Berbagi Ceria yang digelar di Aula PB Sudirman Kabupaten Jember, Sabtu petang.

Dengan didampingi Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember Balya Firjaun Barlaman, Gubernur Jatim Khofifah memberikan santunan berupa uang tunai dan paket tas sekolah kepada 700 anak-anak yatim/piatu dan bantuan zakat produktif berupa 50 ekor kambing kepada 10 jamaah Masjid Darussalam Kecamatan Semboro.

"Ini adalah safari Ramadhan dan biasanya memang memberikan santunan anak yatim dan zakat produktif. Untuk di Jember zakat produktif berupa kambing sebanyak 50 ekor," kata Khofifah di Jember.

Mantan Menteri Sosial itu juga memberikan motivasi kepada anak-anak yatim/piatu agar bisa sukses menjadi orang-orang penting dan bermanfaat bagi bangsa karena banyak tokoh sukses di Jawa Timur berasal dari Jember.

"Saya mendoakan agar anak-anak yatim/piatu bisa sukses meraih cita-citanya, tentunya dengan rajin belajar dan semangat mengaji. Saya juga membagikan hadiah Al Quran kepada mereka yang telah khatam mengaji," katanya.

Selama Ramadhan, lanjut dia, pihaknya bersilaturahmi dengan wali Allah, baik yang sudah meninggal maupun keturunannya yang masih hidup untuk meningkatkan kesalehan sosial yang tumbuh dan berkembang sangat kuat sekali saat Ramadhan.

Ketua Baznas Jatim Roziqi menyampaikan bahwa Safari Ramadan ke Jember merupakan yang ketujuh dan sebelum-sebelumnya Gubernur Khofifah kerap berkeliling berbagi kebahagiaan bersama anak-anak yatim/piatu dan membagikan zakat produktif untuk masyarakat.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto akan mengawal bantuan zakat produktif itu dengan memastikan bantuan hewan ternak dari Baznas agar bermanfaat secara keberlanjutan.

"Bantuan itu akan dikawal melalui kades dan RT/RW yang mendapat bantuan ternak agar berkelanjutan dan berdampak bagi masyarakat," ujarnya.

Selain membagikan santunan kepada anak yatim/piatu dan zakat produktif, Khofifah melanjutkan safari Ramadhan di Jember dengan ziarah ke makam Habib Soleh di Kecamatan Tanggul sekaligus shalat tarawih.

Baca juga: Ratusan pekerja migran Indonesia di Taiwan ikuti Safari Ramadhan
Baca juga: Sandiaga Uno Safari Ramadhan bersama Partai Keadilan Sejahtera

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023