Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Umum Masjid Agung Al Furqon Bandarlampung Bukhari Muslim, mengatakan bahwa pada 10 malam terakhir Ramadhan akan memfasilitasi Itikaf bagi jamaah yang ingin melakukannya di masjid tersebut.

"Untuk itikaf memang sudah kami programkan dari jauh hari, dan itu pasti akan dilaksanakan," kata Bukhari Muslim, saat dihubungi, di Bandarlampung, Senin.

Dia pun berharap kepada jemaah yang akan melaksanakan Itikaf di Masjid Alfurqon dapat menjaga etika saat melaksanakan ibadah tersebut seperti menjaga kebersihan masjid dan dapat tenang dalam beritikaf.

"Jangan sampai Itikaf ini menjadi pindah tempat tidur saja, dan jamaah juga melalaikan kebersihan," kata dia.

Sebab, lanjut dia, dalam melakukan Itikaf dengan menetap di masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga harus didasari oleh niat yang tulus, dan juga ikhlas.

"Jadi dalam beritikaf ini kita juga harus melakukan hal-hal ibadah yang disukai oleh Allah seperti shalat, baca Al-Quran, zikir, istighfar dan lainnya," kata dia.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa Masjid Al-Furqon akan menyiapkan makanan sahur sebanyak 50 porsi pada tahap awal pelaksanaan itikaf di masjid tersebut.

"Untuk sahur disiapkan hidangan untuk 50 orang sedang untuk buka puasa disiapkan untuk sekitar 150 orang. Kegiatan itikaf maupun berbuka puasa ini untuk siapa saja boleh," kata dia.

Baca juga: Menjemput Lailatul Qadar di Istiqlal
Baca juga: Tips tetap bugar saat lakukan itikaf

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023