sudah menyiapkan langkah-langkah seperti contraflow (lawan arus), one way (satu arah), serta buka tutup, dan pengalihan arus lalu lintas
Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas apabila nanti terjadi lonjakan arus kendaraan saat mudik Lebaran.
 
"Kami sudah melakukan survei baik itu arteri maupun tol sebagai jalur roda empat dan kita akan melakukan rekayasa lalu lintas di beberapa tempat, " kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dihubungi di Jakarta, Senin.
 
Selain melakukan survei, Latif juga telah melakukan simulasi taktis lapangan atau TFG (Tactical Floor Game) dengan sejumlah Korps Lalu Lintas wilayah.
 
"Kami bersama Korlantas Polda Metro Jaya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur maupun ke arah barat yaitu Banten sudah melakukan TFG, " katanya.
 
Latif juga sudah menyiapkan langkah-langkah seperti contraflow (lawan arus), one way (satu arah), serta buka tutup, dan pengalihan arus lalu lintas.
 
"Apa saja yang akan dilakukan dalam mengatasi lonjakan daripada arus mudik dan arus balik juga demikian kita sudah siapkan, " katanya.

Latif juga menyebut sudah memprediksi sejumlah titik rawan macet kalau terjadinya lonjakan arus mudik.
 
"Tentunya nanti pertama khususnya dalam tol adalah simpang susun Cikunir ini sebagai kunci kita akan mengatur arus yang arah dari Pondok Indah dari dalam kota maupun dari Tanjung Priok akan kita atur demikian khususnya yang mau berangkat ke luar Jakarta menuju ke arah Cikampek, " jelasnya.
 
Sebelumnya Polda Metro Jaya telah memetakan sejumlah lokasi rawan kemacetan khususnya di pintu keluar DKI Jakarta saat arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
"Titik pintu keluar Jakarta yang rawan macet dibagi menjadi dua kategori, yakni untuk roda empat dan roda dua," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (7/4)
 
Latif menjelaskan, untuk roda empat titik rawan macet saat mudik terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), akses lalu lintas menuju Pelabuhan Merak dan menuju Bogor (Jawa Barat).
 
Untuk kendaraan roda dua diprediksi mengalami kemacetan di Jalan Inspeksi Kalimalang yang biasa digunakan masyarakat untuk mudik menggunakan sepeda motor melalui jalur utara.
 
"Untuk jalur alternatif khusus sepeda motor itu di jalur yang paling utama adalah dari Halim sampai ke Jatiwaringin," ungkapnya.
Baca juga: Heru ingatkan warga periksa kelistrikan agar aman saat dtinggal mudik
Baca juga: Dishub DKI: Tidak ada kenaikan harga tiket bus ekonomi
Baca juga: Dishub DKI Jakarta siapkan KIR Mobile di sejumlah terminal

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023