... Pyongyang harus ... mematuhi resolusi-resolusi terkait Dewan Keamanan PBB... "
Beijing (ANTARA News) - China pada Rabu menuntut Korea Utara mematuhi resolusi PBB tentang penggunaan peluru kendali balistik. Korea Selatan juga mengecam keras aksi Korea Utara itu. 

China, sebagai sesama negara komunis, selama ini memberi banyak bantuan kepada Korea Utara. Namun tidak pelak, peluncuran roket berisikan satelit Unha-3 itu membuat Beijing gerah. 

"Pyongyang harus ... mematuhi resolusi-resolusi terkait Dewan Keamanan PBB ... yang menuntut Korea Utara tidak melakukan suatu peluncuran dengan menggunakan teknologi rudal balistik, dan mendesak untuk menangguhkan semua kegiatan berhubungan program rudal balistik," kata Xinhua, dalam satu komentar.

Bagi Seoul, peluncuran roket Korea Utara pelanggaran mencolok dari resolusi PBB dan ancaman bagi stabilitas di semenanjung Korea serta dunia pada umumnya.

"Pemerintah kami sangat mengutuk Korea Utara, bersama dengan masyarakat internasional, karena mengabaikan peringatan berulang-ulang dan permintaan untuk membatalkan peluncuran serta melakukannya dengan provokasi," kata Menteri Luar Negeri Kim Sung-hwan.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012