Ada trayek baru untuk Damri dan sudah disetujui oleh Kementerian Perhubungan tinggal melaksanakannya.
Tarakan (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kalimantan Utara (Dishub Kaltara) dengan moda transportasi untuk angkutan perintis bus Damri pada tahun ini telah membuka empat trayek baru.

"Trayek baru bus Damri ini di antaranya Malinau-Sungai Ular di Kecamatan Sei Manggaris, Kabupaten Nunukan dan Malinau-Sebuku," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltara Andi Nasuha, di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa.

Dia mengatakan tahun ini ada trayek baru untuk Damri dan sudah disetujui oleh Kementerian Perhubungan tinggal melaksanakannya.

Selain dua trayek baru ini, pemerintah pusat juga menyetujui adanya bus Damri yang melayani rute di Pulau Sebatik, serta rute Malinau ke Kabupaten Tana Tidung ke Seputuk dan Tanjung Selor juga dibuka tahun ini.

“Jadi empat trayek baru ini semuanya perintis yang disubsidi oleh negara, kecuali Tanjung Selor ke Malinau itu bukan perintis tapi sudah komersial,” kata Andi Nasuha.

Rute Malinau-Sebuku-Sei Ular terlebih dahulu sosialisasi ke masyarakat kemudian baru dioperasikan.

"Armada yang kami siapkan setiap harinya satu unit dengan armada cadangan satu unit dan akan ditingkatkan apabila animo masyarakat banyak atau tergantung situasi," kata Andi.

Perum Damri Cabang Tanjung Selor diminta melakukan promosi dan ajakan kepada masyarakat untuk biasakan naik Damri.

“Dengan adanya trayek baru ini, maka armadanya akan bertambah juga di mana saat ini ada delapan unit bus dan minimal ada satu tambahan,” katanya pula.
Baca juga: Damri catat 15.795 tiket terjual pada periode Lebaran 2023
Baca juga: Damri buka rute baru AKAP dari Lampung pada April 2023

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023