Semarang (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengajak kalangan pengusaha untuk bersama mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia.

“Selain perekonomian, pengusaha juga diharapkan menjadi salah satu sarana untuk syiar agama bagi masyarakat,” katanya di Semarang, Selasa.

Wagub mencontohkan, kemampuan Nabi Muhammad SAW yang hadir bukan hanya sebagai rasulullah, namun juga sebagai pakar ekonomi.

“Kalau kita bicara dakwah Islam tidak terlepas dari ekonomi. Bagaimana perjuangan nabi kita, yang juga berlatar belakang pakar ekonomi. Bukan hanya di perdagangan, namun di peternakan,” ujarnya.

Menurut Wagub, pengusaha perlu fokus pada ekonomi syariah, apalagi ekonomi syariah telah dilirik oleh banyak negara sehingga berpotensi besar meningkatkan perekonomian di Indonesia.

Dirinya memaparkan salah satu faktor yang disoroti Pemerintah Provinsi Jawa Tengah adalah wisata halal dan saat ini sedang disiapkan penunjangnya dari hulu hingga ke hilir.

Mulai dari penyembelihan secara halal, hingga ke wisata kuliner yang mampu menjamin mutu halalan thayiban dan pengusaha diharapkan bisa turut andil dalam hal tersebut.

Wagub juga mengimbau kepada pengusaha agar senantiasa menyisihkan rezeki untuk zakat, infak, sedekah (ZIS).

Selain menjadi ajaran agama, ZIS juga dapat dimaksimalkan untuk membantu menanggulangi kemiskinan di Indonesia.

“Kita bicara ekonomi, pasti ada 2,5 persen yang diperuntukkan fakir miskin, artinya apa? untuk penanggulangan kemiskinan. Tidak hanya maju sendiri, akan tapi maju bersama-sama. Ini yang diharapkan dari pemerintah, baik Jawa Tengah maupun pusat, dan itu juga yang diamanatkan oleh agama kita,” katanya.


Baca juga: Ganjar komitmen kembangkan ekonomi dan pelayanan kesehatan syariah

Baca juga: Pemkot Surakarta sebut perlu cetak santripreneur dari pesantren


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023