Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengatakan, mudik gratis tahun 2023 yang digelar Polri merupakan wujud kehadiran Polri sebagai pelayan masyarakat.

"Masyarakat merasa terbantu dan diringankan bebannya ketika akan merayakan Lebaran 2023 di kampung halaman masing-masing," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, kehadiran Polri dalam menyiapkan mudik gratis tentu diapresiasi masyarakat.

"Kami melihat ini bagian dari implementasi program Presisi Kapolri untuk mewujudkan Polri yang Presisi atau Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan," kata akademisi dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Edi juga mengapresiasi kinerja Polda Metro Jaya yang menjadi pelaksana program Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023.

"Saat ini, Polda Metro Jaya sudah menyiapkan 429 bus dengan jumlah 23 ribu pemudik untuk berbagai tujuan di Jawa dan Sumatera," katanya.

Dia mengatakan, Polda Metro Jaya juga telah hadir sebagai pelayan, pelindung, pengayom dan penolong bagi masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Kuota mudik gratis Polda Metro Jaya telah penuh
 
Pengumuman program "Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023". (ANTARA/HO-Dirlantas Polda Metro Jaya)
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur, Minggu (9/4) mengatakan, pemberangkatan mudik gratis pertama dilaksanakan 18 April 2023 di Monas, Jakarta Pusat.

"Kemudian yang kedua tanggal 19 April yang akan dihadiri Bapak Kapolri akan memberangkatkan secara langsung masyarakat Jakarta yang akan mudik khususnya tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur," katanya.

Berikut kota-kota tujuan Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023:
1. Jawa Barat
- Jalur Utara (Indramayu dan Majalengka)
- Jalur Selatan (Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Sumedang)
2. Jawa Tengah
- Jalur Utara (Brebes, Slawi, Pemalang, Batang, Kendal, Demak, Purwodadi, Klaten, Karanganyar, Boyolali, Sragen, Sukoharjo)
- Jalur Selatan (Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Cilacap, Kebumen, Kulonprogo, Sleman, Gunung Kidul, Bantul)
- Jalur Utara-Timur (Jepara, Pati, Blora)
3. Jawa Timur
-Jalur Utara (Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Situbondo, Lumajang, Jember, Banyuwangi dan wilayah Malang Raya)
-Jalur Selatan (Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Mojokerto, Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Nganjuk).

Pewarta: Santoso
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023