kami lebih intensif menyiapkan semuanya karena tahun ini diprediksi ada kenaikan signifikan
Boyolali (ANTARA) -
PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) menyiapkan sejumlah langkah antisipasi menghadapi kemungkinan adanya kemacetan arus lalu lintas pada periode mudik Lebaran 2023.
 
Direktur Utama PT JSN Mery N Panjaitan di sela Gelar Pasukan Satgas Jasamarga Siaga di Kantor JSN Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa, mengatakan langkah antisipasi yang dilakukan oleh JSN tidak jauh berbeda dengan lebaran sebelumnya.
 
"Namun kami lebih intensif menyiapkan semuanya karena tahun ini diprediksi ada kenaikan signifikan mengingat tahun sebelumnya masih ada pembatasan, sedangkan tahun ini kan sudah dilepas," katanya.
 
Termasuk jika terjadi penumpukan kendaraan di pintu keluar Tol Colomadu, juga dilakukan langkah antisipasi, salah satunya dengan menyiapkan tim urai.
 
"Jika sudah batas maksimum panjang ekor gerbang tol, akan diarahkan ke titik-titik yang tidak terlalu padat. Sebelum masuk Tol Colomadu sudah ada informasi, misal ada kepadatan, silahkan lewat yang lain (jalur yang tidak terlalu padat)," katanya.

Baca juga: Jasamarga antisipasi kemacetan di gerbang Tol Colomadu

Baca juga: Sebanyak 636.418 kendaraan arus mudik akan masuk Gerbang Kalikangkung
 
Sementara itu, puncak arus mudik Lebaran 2023, pihaknya memperkirakan terjadi pada 19 April 2023 di mana ada sebanyak 44.901 kendaraan yang melintas dan puncak arus balik Lebaran 2023 diperkirakan pada 25 April 2023 dengan sebanyak 81.534 kendaraan.
 
"Untuk prediksi puncak lalin komuter pada tanggal 23 April 2023, dengan jumlah lalu lintas keluar sebanyak 97.152 kendaraan dan lalu lintas masuk sebanyak 89.123 kendaraan," katanya.
 
Sedangkan untuk prediksi jumlah lalu lintas kendaraan keluar selama periode Lebaran 2023, yakni 12 April-3 Mei diperkirakan ada sebanyak 902.907 kendaraan atau rata-rata 41.041 kendaraan per hari.
 
"Angka ini naik sebesar 60 persen dibandingkan dengan kondisi normal, serta naik 7 persen dibandingkan realisasi lalu lintas kendaraan keluar di periode Lebaran," katanya.

Baca juga: Jasa Marga memperbaiki empat titik Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Baca juga: Jasa Marga imbau pemudik dengan mobil listrik siapkan perencanaan
 
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023