Purwokerto (ANTARA) - Ratusan warga Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, antusias menukarkan uang melalui layanan Kas Keliling yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto guna memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil menjelang momentum Lebaran 2023.

Masyarakat yang hendak menukarkan uangnya itu rela mengantre di depan mobil Kas Keliling BI Purwokerto yang parkir di halaman Hetero Space Banyumas, Purwokerto, Selasa sore.

Seorang warga Purwokerto, Yanto mengaku senang karena terbantu dengan adanya layanan penukaran uang tersebut meskipun harus mendaftar lebih dahulu melalui aplikasi Pintar dengan alamat https://pintar.go.id.

"Kalau menukarkan uang di perbankan harus datang pada jam kerja, sedangkan dengan adanya layanan di Hetero Space bisa datang pada sore hari," jelasnya.

Warga lainnya, Nining mengaku sengaja menukarkan uangnya dengan uang pecahan kecil yang nantinya akan dibagikan kepada anak-anak saat lebaran.

"Apalagi uangnya masih baru, pasti anak-anak akan senang," katanya.

Saat ditemui di lokasi layanan Kas Keliling, Kepala KPw BI Purwokerto Rony Hartawan mengatakan layanan penukaran uang merupakan bagian dari Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) yang dilaksanakan Bank Indonesia.

Khusus untuk KPw BI Purwokerto, kata dia, Serambi 2023 diluncurkan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas pada tanggal 21 Maret 2023.

Dalam hal ini, lanjut dia, KPw BI Purwokerto menyediakan uang tunai sebesar Rp3,9 triliun atau naik 16,2 persen dari momentum yang sama pada tahun 2022.

"KPw BI Purwokerto membuka layanan penukaran uang rupiah melalui tiga pilihan, yakni di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyumas, layanan Kas keliling, dan melalui 39 bank di wilayah kerja KPw BI Purwokerto," jelasnya.

Ia mengatakan layanan penukaran uang di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyumas dilaksanakan setiap hari sejak tanggal 21 Maret hingga 18 April 2023 yang dilayani petugas perbankan dari 11 bank, yakni BRI, Bank Jateng, BNI, Mandiri, BCA, CIMB Niaga, Danamon, BTN, Panin, BSI, dan Bukopin.

Menurut dia, kuota penukar di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyumas setiap harinya sejumlah 100 penukar dengan tiga model transaksi, yakni tunai, debit, atau QRIS

"Khusus layanan penukaran uang rupiah melalui kegiatan Kas Keliling sudah terlaksana sebanyak lima kali, yakni di Sudirman Soccer Field Cilacap, Taman Usman Janatin Purbalingga, Pendopo Wakil Bupati Banyumas, Masjid Nur Sulaiman Banyumas, dan Heterospace Banyumas di Purwokerto," katanya.

Rony mengatakan KPw BI Purwokerti juga akan membuka layanan penukaran uang melalui Kas Keliling di Terminal Bulupitu Purwokerto dan Alun-Alun Banjarnegara.

Baca juga: Penukaran uang lewat mobil kas keliling di Banda Aceh capai Rp6 miliar

Baca juga: BI realisasikan 44 persen target penukaran uang Ramadhan-Idul Fitri

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023