Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA Zaim Uchrowi mengatakan, kantor berita tersebut sebagai salah satu agen yang membawa Indonesia sebagai bangsa kelas global.

"Saya kira kita sepakat era ke depan seluruh komponen bangsa ini harus menjadikan Indonesia sebagai bangsa kelas global yang berakar kuat kearifan lokal dan ANTARA Insya Allah menjadi salah satu agen menjadikan Indonesia bangsa kelas global," kata Zaim Uchrowi di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikan pada puncak peringatan HUT ke-75 Perum LKBN ANTARA yang turut dihadiri Ketua DPR RI Marzuki Alie, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informasi Henry Subiakto, perwakilan kantor berita Jepang Kyodo, Bernama dan IRNA.

Menurut Zaim sudah tidak pantas Indonesia menjadi negara kelas dua karena Indonesia mempunyai sumberdaya alam yang luar biasa dan kearifan lokal yang kuat.

Zaim mengatakan, 3/4 abad usia ANTARA adalah suatu hal yang pantas disyukuri dan menjadi awal kebangkitan kedua bagi kantor berita nasional tersebut.

Perum LKBN ANTARA didirikan pada 13 Desember 1937 oleh empat tokoh yaitu Adam Malik, Soemanang, Sipahoetar dan Pandu Kartawiguna.

LKBN ANTARA yang semula berstatus Lembaga Negara berubah menjadi perusahaan umum (Perum) pada 18 Juli 2007 berdasarkan PP 40/2007.

ANTARA diberi tugas oleh pemerintah untuk melakukan peliputan dan penyebarluasan informasi yang cepat, akurat dan penting ke seluruh wilayah Indonesia dan internasional.

(D016/Y008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012