Jakarta (ANTARA) - Peristiwa hukum yang terjadi kemarin yang masih menarik disimak, mulai dari Polri menyiapkan pengawalan pemudik sepeda motor hingga Mahfud MD mengapresiasi putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang mengabulkan permohonan banding Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Berikut rangkuman selengkapnya:

1. Korlantas Polri siapkan pengawalan untuk pemudik sepeda motor

Korlantas Polri menyiapkan pengawalan pemudik sepeda motor yang nekat melakukan mudik Lebaran 2023 untuk memastikan mereka agar selamat sampai tujuan sehingga aktivitas mudik berjalan aman dan berkesan.

Hal ini diungkapkan Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri Brigjen Pol. Ery Nursatari dalam Diskusi FMB9 dengan tema 'Mudik Aman Berkesan' yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.

“Kami berharap mudik pada 2023 betul-betul kami antisipasi. Kami sudah menyiapkan pengawalan-pengawalan,” kata Ery.

Selengkapnya klik di sini.

2. Anggota DPR mengaku diusik imbas isu aliran dana Rp349 triliun

Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi mengaku diusik di media sosial usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait pembahasan isu aliran transaksi mencurigakan senilai Rp349 triliun di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Rabu (29/3).

"Ketika ramai isu Rp300 triliun, kemudian naik menjadi Rp349 triliun yang kemudian direduksi seolah-olah ada persoalan antara komisi dan pak Mahfud MD, saya juga kena dampaknya. Saya dirundung juga di media sosial," ujar Johan saat Rapat Kerja (Raker) dengan Komite TPPU di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini.

3. Polres Sorong Selatan kembali meringkus pengedar narkotika

Polisi Resor (Polres) Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat Daya kembali meringkus tersangka pengedar narkotika jenis sabu berinisial S (24) di wilayah hukumnya sebagai upaya memberantas peredaran obat terlarang.

Kasat Narkoba Polres Sorong Selatan, Ipda Thomas Sabon di Sorong Selatan, Selasa, menjelaskan narkotika jenis sabu dengan berat 1,28 gram merupakan barang haram yang dikirim melalui jasa pengiriman dari Jakarta.

"Rencananya barang ini mau diedarkan di Kabupaten Sorong Selatan," jelas Thomas Sabon.

Selengkapnya klik di sini.

4. Polres Ngawi pantau kesiapan jalur mudik dan balik Lebaran 2023

Kepolisian Resor (Polres) Ngawi, Jawa Timur melakukan pemantauan kesiapan jalur lalu lintas di wilayah hukumnya yang akan digunakan untuk mudik dan balik pada Lebaran tahun 2023.

Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera mengatakan pemantauan dilakukan di jalur arteri di wilayah Ngawi-Mantingan yang merupakan perbatasan dengan Jawa tengah serta pengecekan di jalan tol Ngawi-Kertosono.

Selengkapnya klik di sini.

5. Mahfud apresiasi putusan PT DKI kabulkan banding KPU

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengapresiasi putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang mengabulkan permohonan banding Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terkait putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat yang menunda tahapan Pemilu 2024.

Dia menjelaskan semula PN Jakarta Pusat mengabulkan permohonan Partai Prima, namun pada tingkat banding hari ini permohonan Partai Prima dinyatakan ditolak Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, dan sebaliknya menerima permohonan banding dari KPU.

"Sebagai Menkopolhukam saya mengucapkan selamat kepada KPU dan terima kasih kepada pengadilan yang telah membuat keputusan tentang pelaksanaan pemilu," kata Mahfud di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023