Jakarta (ANTARA) - Bandar Udara Internasional Hong Kong (Hong Kong International Airport/HKIA) kembali dinobatkan sebagai bandara kargo tersibuk di dunia pada 2022.

Bandara tersebut menangani total 4,2 juta ton kargo sepanjang tahun, menurut data terbaru yang dirilis oleh Dewan Bandara Internasional (Airports Council International/ACI).

HKIA kembali menduduki posisi teratas pada 2022 terlepas dari ketegangan geopolitik yang tengah berlangsung serta gangguan pada rantai pasokan dan perdagangan global yang menyebabkan penurunan total volume kargo udara secara global, kata Otoritas Bandar Udara Hong Kong (Airport Authority Hong Kong/AAHK) pada Selasa (11/4).

Serangkaian proyek sedang dijalankan guna meningkatkan layanan kargo udara di HKIA, sejalan dengan perluasan menjadi sistem dengan tiga landasan pacu.

Terlepas dari dampak pandemi terhadap industri penerbangan global, kinerja kargo HKIA secara konsisten tetap kuat selama beberapa tahun terakhir, memaksimalkan pemanfaatan jaringannya yang ekstensif dan efisiensi yang tinggi, kata Kepala AAHK Jack So.

"Di saat lalu lintas udara melanjutkan pemulihan di seluruh dunia, ditambah dengan rampungnya pembangunan berbagai fasilitas kargo baru di HKIA, kami akan terus bekerja sama dengan para mitra bisnis kami untuk mengonsolidasikan peran HKIA sebagai pusat kargo udara terkemuka di dunia," katanya. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023