Baghdad (ANTARA) - Irak dan Arab Saudi menggelar pertemuan untuk mendiskusikan berbagai peluang kerja sama bilateral dalam bidang energi terbarukan dengan memanfaatkan keunggulan Arab Saudi dalam bidang tersebut.

Diskusi tersebut terjadi saat Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman dan Menteri Kelistrikan Irak Ziyad Fadel bertemu di Riyadh, Arab Saudi.

Menurut Saudi Press Agency (SPA), kedua menteri membahas perkembangan proyek interkoneksi kelistrikan antara Irak dan Arab Saudi yang akan berkontribusi dalam "mendukung keandalan jaringan listrik bermutu tinggi di kedua negara dan mencapai target penghematan ekonomi".

Proyek itu juga akan mempromosikan "pencapaian bauran energi yang optimal untuk produksi listrik, mendukung penyerapan jaringan listrik untuk masuknya energi terbarukan, memanfaatkan kemampuan dan keahlian perusahaan Saudi (Aqua Power) dalam bidang tersebut, dan mengembangkan proyek-proyek lainnya di Irak pada masa mendatang," kata SPA.

Pada pertemuan tersebut, delegasi Irak juga mendapatkan paparan terkait perombakan keuangan dan peraturan yang dilakukan Arab Saudi di sektor kelistrikan dalam tiga tahun terakhir, serta tawaran untuk bertukar pengalaman dalam bidang tersebut.

Sumber: NINA-OANA

Baca juga: Menteri energi Saudi, Irak bertemu untuk tinjau pasar minyak

Baca juga: Arab Saudi bantu renovasi rumah sakit di Irak

Penerjemah: Tegar Nurfitra
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023