Jakarta (ANTARA) - Inggris Raya dan Republik Irlandia bakal mencalonkan diri menjadi tuan rumah bersama pada gelaran Piala Eropa atau Euro 2028 mendatang.

Saat ini Inggris Raya dan Rep. Irlandia, dikutip dari BBC, Rabu sedang mempersiapkan sepuluh stadion yang akan diajukan kepada UEFA sebagai tawaran untuk Euro 2028.

"Kapasitas tinggi, lapangan sepak bola yang terkenal di dunia dan tempat baru yang canggih akan menyediakan platform untuk Euro terbesar dan paling sukses secara komersial yang pernah ada. Menjadikan kami tuan rumah dengan resiko rendah dan hadiah tinggi," kata pernyataan FA mengutip BBC.

Baca juga: Rusia, Inggris, Turki berminat jadi tuan rumah Euro 2028

Federasi sepak bola Inggris (FA) telah mengajukan 14 stadion untuk event empat tahun sekali itu kepada UEFA. Namun dari 14 stadion yang ditawarkan kini meruncing menjadi sepuluh stadion.

Daftar sepuluh stadion itu yaitu Glasgow's Hampden Park, Stadion Cardiff's Principality, Stadion Wembley, Stadion St James' Park, Stadion Villa Park, Stadion Etihad Stadion Tottenham Hotspur dan Stadion Aviva Dublin.

Sementara dua stadion baru yaitu Stadion Casement Park di Belfast dan Stadion Bramley-Moore Dock di Everton baru disetujui perencanaan pembangunannya.

Inggris dan Rep. Irlandia bakal bersaing dengan Turki yang menjadi salah satu kandidat kuat tuan rumah turnamen EURO edisi ke-18.

Keputusan final mengenai penunjukan tuan rumah Euro 2028 bakal dilakukan oleh Komite Eksekutif UEFA pada September mendatang dengan estimasi pengerjaan stadion tuan rumah bakal dilakukan mulai 2024.

Baca juga: Italia pertimbangkan jadi tuan rumah Euro 2028 atau Piala Dunia 2030

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023