Jakarta (ANTARA) - Platform data cloud open source, Aiven mengumumkan peluncuran paket gratis untuk layanan databse open source PostgreSQL, MySQL, dan Redis sebagai upaya mendorong pemanfaatan teknologi open source.

"Dengan membuat portofolio tool open source, yang disukai oleh pelanggan, dapat diakses oleh siapa pun, kami memungkinkan generasi baru developer untuk mulai belajar dan memperluas keterampilan mereka tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi," kata Co-Founder dan CEO Aiven Oskari Saarenmaa dalam pernyataan di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan paket gratis terbaru dari Aiven ini memungkinkan semua orang dapat mengakses platform Aiven tanpa komitmen atau biaya tersembunyi. Paket gratis ini mencakup banyak fitur platform Aiven yang canggih.

Pembukaan akses termasuk dedicated instances, backup harian, integrasi Terraform, dan banyak lagi. Setelah dimulai, paket gratis Aiven dapat ditingkatkan secara mulus, aman, dan otomatis ke paket lebih lengkap yang berbayar jika diperlukan.

"Tersedianya akses ke paket gratis ini adalah langkah Aiven berikutnya dalam mewujudkan visi untuk mendemokratisasikan teknologi open source, sehingga tersedia untuk semua orang dan memperkuat komitmen kami terhadap komunitas open source," kata Saarenmaa.

Selain itu, dukungan teknis untuk paket gratis Aiven tersedia melalui Aiven Community Forum yang diluncurkan bersamaan dengan paket-paket tersebut. Forum ini menyediakan ruang bagi para developer untuk berdiskusi dan berkolaborasi mengenai aplikasi dan layanan yang dibangun dengan teknologi data open source.

Melalui forum tersebut, para developer juga dapat berbagi mengenai aplikasi yang sedang dibangun, mengajukan pertanyaan, serta mendapatkan bantuan dari anggota komunitas dan anggota tim Aiven lainnya, yang biasa disebut Crabs, atas kendala yang muncul.

Senior Analyst di Enterprise Strategy Group Stephen Catanzano menambahkan langkah Aiven dalam memberikan akses gratis ke platform dan membentuk forum komunitas akan berdampak pada penambahan pelajar atau developer yang ingin belajar lebih banyak tentang database.

"Para pengajar open source dan komunitas developer yang lebih luas kini memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendorong kesadaran dan mengembangkan teknologi yang paling dibutuhkan oleh masyarakat kita," tambahnya.

Saat ini, Aiven yang berkantor pusat di Helsinki dan memiliki cabang di Amsterdam, Berlin, Boston, Paris, Singapura, Sydney, Tokyo, dan Toronto, terus memberikan layanan pengelolaan infrastruktur data cloud yang memungkinkan pelanggan untuk mendorong hasil bisnis dari teknologi data open source.

Baru-baru ini, Aiven mencapai valuasi 3 miliar dolar AS dan kini telah mengumpulkan total pendanaan sebesar 420 juta dolar AS yang didukung oleh para investor seperti Atomico, Earlybird, Eurazeo, IVP, Lifeline, Salesforce Ventures, dan World Innovation Lab.


Baca juga: Startup komputasi AI Cerebras rilis model "open source"

Baca juga: BPJS Kesehatan dan Bank Mandiri sabet Red Hat APAC Innovation Awards

Baca juga: Alibaba buka akses "source code" FederatedScope untuk komunitas

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023