Jakarta (ANTARA/JACX) – Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) diklaim memberikan sanksi yang berat kepada Timnas Israel terkait Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung pada Mei 2023, demikian unggahan video di YouTube pada 4 April.

Setelah Indonesia dinyatakan batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, FIFA terus menjadi sorotan dunia. Salah satunya, aksi diam FIFA menyusul Israel yang menembakkan gas air mata dalam stadion di Palestina saat pertandingan sepak bola digelar.

Akun YouTube Dafa Bola menyatakan FIFA memberikan sanksi kepada Timnas Israel berupa pembatalan tim itu dalam Piala Dunia U-20.

Selain itu, Timnas Israel juga dilarang bermain pada pertandingan internasional hingga waktu yang belum ditentukan, menurut video YouTube berdurasi tiga menit itu.

Berikut narasi dalam unggahan yang telah dilihat lebih dari 100 ribu tayangan tersebut:
“INI BARU ADIL - FIFA RESMI BERIKAN SANKSI BERAT KE TIMNAS ISRAEL”

Namun, benarkah FIFA memberikan sanksi kepada timnas Israel berupa pembatal ikut dalam Piala Dunia U-20?

Unggahan video hoaks yang menyatakan FIFA sanksi berat Israel, dikeluarkan dari Piala Dunia U-20. Faktanya, terjemahan dalam video tersebut salah, video tersebut merupakan belasungkawa FIFA atas tragedi Kanjuruhan di Indonesia. (YouTube)
Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, menit pertama unggahan video YouTube pidato Presiden FIFA Gianni Infantino diterjemahkan sebagai berikut: “Saya Mengetahui Semua Orang Menanti Sanksi Untuk Israel. Israel Pantas Mendapatkan Sanksi Ini."

Padahal, terjemahan unggahan video itu keliru. Faktanya, pernyataan Infantino itu merujuk pada unagkapan bela sungkawa FIFA atas tragedi Kanjuruhan pada 2022 dan bukan terkait Timnas Israel pada Piala Dunia U-20.

Sementara mengacu The New Arab, pada 30 Maret pasukan Israel menyerbu stadion di Yerusalem selama pertandingan final piala antara Jabal Al-Mukaber dan Balata FC.

Pasukan Israel menembakkan gas air mata ke lapangan dan ke tribun, pada Kamis malam.

Hingga 13 April 2023, FIFA tidak memberikan sanksi terhadap timnas Israel ataupun membatalkan keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20.

Dengan demikian, klaim bahwa FIFA telah menjatuhkan sanksi kepada timnas Israel merupakan hoaks.

Klaim: Disinformasi! FIFA sanksi berat Timnas Israel, batalkan Israel dalam Piala Dunia
Rating: Hoaks


Cek fakta: Hoaks! Video Presiden FIFA pastikan Indonesia ikut Piala Dunia U-20

Cek fakta: Hoaks! FIFA coret Israel dari Piala Dunia U-20, Indonesia jadi penggantinya

Baca juga: PSSI tegaskan belum ada pembicaraan dengan FIFA untuk Piala Dunia U-17

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023